Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Unesa Dukung Kelompok Tani Sido Makmur I Tulungagung Guna Tingkatkan Produktivitas Petani

Daftar Isi [Tampil]

 

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat  Universitas Negeri Surabaya (PKM UNESA) melakukan pengabdiannya guna mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hal itu diwujudkan dengan salah satu Kelompok tani di Tulungagung.

Salah satu produk unggulan di Kabupaten Tulungagung adalah beras. Keberadaan ini sangat penting untuk mengerakkan perekonomian bagi warga masyarakat Tulungagung dan sekitarnya.

Tim PKM Unesa ini terdiri dari Dr. Theodorus Wiyanto Wibowo, M.Pd. dari Fakultas Teknik dan Dr. Prayudi Setiawan Prabowo, S.E., M.E. serta Albrian Fiky Prakoso, S.Pd., M.Pd. dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Menurut Ketua Tim, Dr. Theodorus Wiyanto Wibowo, M.Pd. mengatakan kegiatan PKM ini diadakan sejak bulan Maret hingga November 2024. Tema PKM yang diangkat yakni, “Pemberdayaan Kelompok Tani Sido Makmur I Tulungagung Melalui Teknologi Penanam Padi Elektrik Dan Sprayer Otomatis Guna Peningkatan Hasil Pertanian Padi dan pelaksanaan PKM dilaksanakan secara luring dan koordinasi secara daring.

“Kelompok Tani Sido Makmur I merupakan kelompok petani padi yang beralamatkan di Desa Rejosari, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung, dan didirikan tahun 2018 dengan ketua Bapak Suparlan serta anggota kelompok sebanyak 70 orang,” ujar Dr. Theodorus Wiyanto Wibowo, M.Pd. via WA. Sabtu, (14/11/2024).

Berdasarkan hasil FGD oleh Tim PKM, mahasiswa, dan mitra, ditemukan permasalahan prioritas; 1) Pada aspek produksi: khususnya proses penanaman masih konvensional dan membutuhkan banyak tenaga dan waktu yang memperbesar biaya produksi, serta sulitnya mencari tenaga kerja pertanian dikarenakan generasi muda tidak mau bertani dan proses penyemprotan dengan pompa semprot sederhana, (2) aspek prioritas manajemen karena lemahnya proses pembukuan usaha yang belum diterapkan dan manajemen penjualan yang sering terjadi harga jual beras masih jauh dari pasar, dikarenakan biaya produksi mahal, dan penjualan melewati banyak perantara berdampak pada harga jual petani dan harga beli pasar. 

Pelaksanaan PKM terdiri dari 2 kegiatan yaitu 1) Pengadaan dan Penerapan Mesin tanam padi elektrik dan sprayer portable otomatis untuk penyelesaian aspek produksi, dan 2) Aspek Manajemen dengan manajemen pelatihan dan pendampingan manajemen usaha serta pemasaran. 

“Penanaman dilakukan dengan cara konvensional dengan menaman bibit padi sebanyak 3-4 bibit padi pada setiap penancapan/penanaman. Selain proses konvensional membutuhkan banyak waktu dan tenaga, Rata-rata tiap 120 m2 penanaman dikerjakan 1 orang/sehari, dengan upah Rp. 70.000/orang/7 Jam (Hari). Dan untuk menyelesaikan sawah dengan luasan rata-rata petani desa Rejosari mempunyai sawah 156 ru dengan luasan tiap ru 14 m2. Jadi untuk menyelesaikan 156 ru x 14 m2 luasan tanah, total sebesar 2.184 m2 dikerjakan dalam 2 hari dengan 8 orang., sedangkan dengan Mesin tanam padi elektrik bisa dikerjakan oleh 1 orang dalam 1 hari saja. Begitu pula dengan sprayer portable otomatis ” Tukas Wibowo.

“Sedangkan membaiknya manajemen keuangan dapat dilihat dari perubahan petani yang sudah mulai tertib dalam membukukan arus keuangan usaha dalam buku kas sederhana, yakni mencatat pemisahan keuangan untuk modal usaha dengan keuangan yang digunakan untuk keperluan keluarga, mencatat besarnya modal usaha, mencatat besarnya biaya produksi, besarnya keuntungan, dan mencatat besarnya uang dari keuntungan yang diambil untuk kebutuhan keluarga, “ ungkapnya.

Ketua Kelompok Tani Sido Makmur I, Suparlan menyatakan, senang dan berterima kasih telah dibantu Tim PKM Unesa dan berharap produksi mereka meningkat Pesat dan “Sangat senang dan bersyukur sekali, kami bisa bekerja dengan lebih cepat berkat bantuan Mesin tanam padi elektrik dan sprayer portable otomatis dan merasa hemat tenaga,” tambahnya.


“Dengan kegiatan PKM ini, akan terciptanya peningkatan produktivitas penanaman padi yang menghemat biaya dan waktu pada proses produksinya serta terciptanya layanan manajemen yang lebih baik,” tutup Wibowo.
bisnisan.id (Vic).

 

Posting Komentar untuk "Unesa Dukung Kelompok Tani Sido Makmur I Tulungagung Guna Tingkatkan Produktivitas Petani"