Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Unesa Dukung Kelompok Pembudidaya Ikan “Sari Jati Unggul” Tulungagung Guna Tingkatkan Produktivitas

Daftar Isi [Tampil]

 

Unesa Mendukung Kelompok Pembudidaya Ikan

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat  Universitas Negeri Surabaya (PKM UNESA) melakukan pengabdiannya guna mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hal itu diwujudkan dengan salah satu Kelompok Pembudidaya Ikan di Tulungagung.

Salah satu produk unggulan di Kabupaten Tulungagung adalah Ikan. Keberadaan ini sangat penting untuk mengerakkan perekonomian bagi warga masyarakat Tulungagung dan sekitarnya.

Tim PKM Unesa ini terdiri dari Dr. Ahmad Ajib Ridlwan, S.Pd., M.SEI dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Dr. Dewanto, M.Pd dari Fakultas Teknik dan Albrian Fiky Prakoso, S.Pd, M.Pd dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Menurut Ketua Tim, Dr. Ahmad Ajib Ridlwan, S.Pd., M.SEI mengatakan kegiatan PKM ini diadakan sejak bulan Maret hingga November 2024. Tema PKM yang diangkat yakni, “Penerapan Paket Mesin Pembuat Pakan Ikan Otomatis dari Limbah Ikan dan Penguatan Manajemen Kelompok Pembudidaya Ikan “Sari Jati Unggul” Tulungagung" dan pelaksanaan PKM dilaksanakan secara luring dan koordinasi secara daring.

“Kelompok Pembudidaya Ikan “SARI JATI UNGGUL” merupakan salah satu kelompok yang berfokus pada budidaya ikan air tawar (konsumsi) yang beralamatkan di RT.06/RW.01, Dsn. Dami. Ds. Rejosari, Kec. Gondang,  Kab. Tulungagung. Kelompok ini berdiri pada tanggal 11 September 2021, dengan ketua Bapak Riyanto dan memiliki 10 anggota pembudidaya ikan,” ujar Dr. Ahmad Ajib Ridlwan, S.Pd., M.SEI. via WA. Sabtu, (14/11/2024).

Berdasarkan hasil FGD oleh Tim PKM, mahasiswa, dan mitra, ditemukan permasalahan prioritas; 1) permasalahan aspek produksi utamanya pada pakan ikan yang dapat mencapai 60-70% dari komponen biaya budidaya. Selain itu banyaknya limbah pengolahan dari ikan yang belum dimanfaatkan optimal. 2) Pada aspek manajemen administrasi pembukuan usaha kelompok pembudidaya masih cenderung lemah. 

Pelaksanaan PKM terdiri dari 2 kegiatan yaitu 1) Pengadaan Dan Penerapan Mesin Pencampur Serbaguna dilengkapi Kontrol Kecepatan dan Waktu Serta pengaduk Ribbon Screw dan Mesin Cetak Pelet Vertikal Otomatis Dengan Kapasitas Produksi 80-100 Kg/Jam, dan 2) Aspek Manajemen dengan manajemen pelatihan dan pendampingan manajemen usaha serta pemasaran. 

“pemberian pakan ikan dengan kebutuhan mencapai 60-70% dari komponen biaya budidaya dan harga yang terus naik selain itu pada  pengolahan limbah ikan yang masih bisa diolah menjadi produk pakan untuk ikan lele dan patin., sedangkan dengan adanya paket mesin ini diharapkan mitra dapat memenuhi kebutuhan akan pakan ikan dan memangkas biaya produksi dari pakan ikan sendiri dengan pemanfaatan limbah ikan. Di sisi lain, limbah ikan memiliki kandungan nutrisi yang baik dengan protein 29,70%, lemak 18,83%, karbohidrat 1,94%, kadar air 8,97%, dan serat kasar 1,07% sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pakan hewan budidaya, salah satunya ikan lele dan patin. Mesin ini dapat meningkatkan dan efisiensi waktu, tenaga, biaya produksi, serta higienitas produk yang dibuat ” Tukas Ridlwan.

“Sedangkan membaiknya manajemen keuangan dapat dilihat dari perubahan pembudidaya ikan yang sudah mulai tertib dalam membukukan arus keuangan usaha dalam buku kas sederhana, yakni mencatat pemisahan keuangan untuk modal usaha dengan keuangan yang digunakan untuk keperluan keluarga, mencatat besarnya modal usaha, mencatat besarnya biaya produksi, besarnya keuntungan, dan mencatat besarnya uang dari keuntungan yang diambil untuk kebutuhan keluarga, “ ungkapnya.

Perwakilan Kelompok Pembudidaya Ikan “SARI JATI UNGGUL”, Ilham menyatakan, senang dan berterima kasih telah dibantu Tim PKM Unesa dan berharap produksi mereka meningkat Pesat dan “Sangat senang dan bersyukur sekali, kami bisa bekerja dengan lebih cepat berkat bantuan Mesin pembuat pelet ikan dan merasa hemat biaya dan tenaga,” tambahnya.


“Dengan kegiatan PKM ini, akan terciptanya peningkatan produktivitas pembudidaya ikan menghemat biaya dan waktu pada proses produksinya serta terciptanya layanan manajemen yang lebih baik,” tutup Ridlwan.
bisnisan.id(Vic).

 

Posting Komentar untuk "Unesa Dukung Kelompok Pembudidaya Ikan “Sari Jati Unggul” Tulungagung Guna Tingkatkan Produktivitas"