14 Tipe-Tipe Pelanggan dan Cara Menghadapinya Yang Efektif
Tipe-tipe
pelanggan dan cara menghadapinya adalah informasi penting bagi setiap pelaku
usaha, sehingga mereka bisa memberikan pelayanan yang tepat dan baik. Ini
adalah ilmu dasar yang sudah seharusnya dipahami oleh setiap calon pengusaha.
Jika selama ini Anda hanya mengetahui ada satu tipe pelanggan, mulai sekarang
harus mengubahnya.
Kita semua pasti
sudah sering mendengar ungkapan, pelanggan adalah raja. Hal itu memang benar
adanya, karena tanpa pelanggan sebuah bisnis tidak akan berkembang.
Konsumen adalah
kunci keberhasilan sebuah bisnis. Ketika bisnis berhasil membuat kolam
pelanggan yang besar, bisa dipastikan ia mudah untuk berkembang.
Daripada
kebanyakan basa-basi, di bawah ini adalah tipe-tipe pelanggan dan cara
menghadapinya yang benar.
Tipe-Tipe Pelanggan dan Cara
Menghadapinya yang Benar
1. Pelanggan Potensial
Pelanggan
potensial adalah orang yang sudah mengenal brand bisnis Anda dan familiar,
namun belum pernah membeli sekalipun. Tipe pelanggan seperti ini datang dari
sosial media, website, TV dan berbagai media promosi lainnya.
Meskipun belum
pernah membeli produk Anda, namun pelanggan potensial sudah sering memantau
produk terbaru yang dikeluarkan dan memasukkan salah satu produk Anda ke
whitelist mereka.
Cara menghadapi
pelanggan potensial adalah menawarkan gratis ongkir, diskon, cashback dan
penawaran menarik lainnya.
2. Pelanggan Setia
Pelanggan setia
adalah orang yang sudah membeli produk atau jasa Anda berkali-kali dan percaya
dengan brand bisnis Anda. Mereka adalah orang-orang loyal yang senantiasa
memilih produk Anda karena merasa puas.
Memiliki
pelanggan yang loyal seperti ini bukanlah hal mudah, sehingga sangat rugi
apabila sampai kehilangannya.
Agar mereka tetap
loyal, cara menghadapi pelanggan setia adalah berikan penawaran khusus seperti
voucher diskon produk, membuat program reward, gratis ongkir kirim dan lain
sebagainya.
3. Pelanggan Baru
Pelanggan baru
adalah orang yang belum mengetahui secara spesifik brand bisnis Anda, namun
sudah pernah sekali membeli produk. Cara menghadapi pelanggan baru adalah
memperhatikannya dengan sebaik mungkin, karena berpotensi menjadi pelanggan
setia.
Ciptakan kesan
pertama yang baik Dimata pelanggan baru, sehingga mereka merasa puas dan tidak
kecewa dengan produk atau jasa Anda.
4. Pelanggan Basa-Basi
Pelanggan
basa-basi adalah tipe orang yang banyak bertanya dan sekedar melihat-lihat,
kemungkinan mereka membeli produk sangatlah kecil. Cara menghadapinya adalah
mengedukasi dan menjelaskan sebaik mungkin.
Jawab setiap
pertanyaan yang dilontarkan oleh mereka dengan tenang dan jelas. Jangan emosi
dan mencaci, karena masih ada kemungkinan mereka membeli setelah mengetahui
produk tersebut secara spesifik.
Sebagai seorang
penjual, tugas Anda adalah memperkenalkan produk kepada pelanggan. Perkara dia
mau membeli atau tidak, itu sudah di luar kontrol. Siapa tahu mereka berpikir untuk
membeli produk besok, lusa atau sebulan lagi.
5. Pelanggan Impulsif
Pelanggan
impulsif adalah orang yang mudah melakukan pembelian tanpa banyak menawar harga
dan bertanya kesana kemari. Ini merupakan kebalikan dari tipe pelanggan
basa-basi.
Setelah
mengetahui harga produk dan kualitas yang ditawarkan, pelanggan impulsif segera
melakukan pembelian. Oleh karena itu, cara menghadapinya adalah memberi
penjelasan secara lengkap dan jelas.
Komunikasikan
dengan baik manfaat apa yang ditawarkan oleh produk atau jasa Anda kepada
mereka. Sebab, inilah yang diutamakan daripada sekedar harga.
6. Pelanggan Selektif
Pelanggan
selektif adalah tipe orang yang hemat dalam berbelanja dan hanya membeli barang
sesuai kebutuhan. Ketika mengunjungi sebuah toko, pelanggan langsung mencari
barang yang ingin dibeli dan tidak melirik barang lain.
Cara
menghadapinya adalah memberikan promo terhadap produk yang mereka butuhkan.
Bisa berupa diskon, cashback atau item gratis dengan minimal pembelian
tertentu.
7. Pelanggan Pemburu Diskon
Pelanggan pemburu
diskon adalah tipe orang yang senantiasa memprioritaskan harga murah dan
potongan harga khusus. Ini merupakan tipe pelanggan yang paling banyak ditemui
dalam transaksi sehari-hari.
Cara
menghadapinya tidak boleh sembarangan, pastikan Anda memberi diskon yang
terkonsep secara mendetail. Pertimbangkan apakah diskon tersebut membebani
bisnis Anda atau tidak.
Untuk menarik
minat pelanggan pemburu diskon, Anda dituntut agar mengambil keuntungan yang
kecil. Selama tidak merugikan, maka tidak mengapa. Silahkan Anda main
kuantitas, sehingga masih bisa meraup pundi-pundi keuntungan.
8. Pelanggan Kritis
Dari sekian
banyak tipe pelanggan, ini dia yang paling susah buat dihadapi. Pelanggan
kritis adalah orang yang senantiasa teliti saat membeli produk dan menyampaikan
keluhan terhadap kekurangannya.
Pelanggan kritis
adalah dua mata pisau yang tajam dan memberi efek sangat besar. Bisa berbahaya
ketika mereka tidak mendapat pelayanan yang memuaskan dan keluhannya gagal
terpenuhi.
Cara
menghadapinya adalah berlapang dada menerima komplain mereka dan mendengarkan
dengan baik. Kemudian ditindaklanjuti dengan memberi solusi yang relevan.
Bagi Anda yang
memiliki karyawan, latih mereka untuk senantiasa menerapkan sistem pelayanan
yang terstruktur dan responsif.
9. Pelanggan Ekspresif
Pelanggan
ekspresif adalah tipe orang yang sama sekali tidak merasa canggung untuk
berkomunikasi dengan penjual. Karakteristik pelanggan ekspresif adalah
cenderung cerewet, mendominasi pembicaraan dan banyak bicara.
Meskipun
menjengkelkan, sebisa mungkin jangan sampai terbawa emosi. Cara menghadapinya
adalah mendengarkan secara seksama apa yang disampaikan dan berbicara langsung
(to the point). Anda jangan ikut-ikutan banyak basa-basi.
Sementara itu,
Anda bisa memanfaatkan review pelanggan atau testimoni pelanggan sebelumnya
untuk meyakinkan mereka.
10. Pelanggan Rekomendasi
Pelanggan
rekomendasi adalah tipe orang yang membeli produk Anda karena diberitahu oleh
pelanggan setia. Cara menghadapinya adalah tidak mengecewakan di pembelian
pertama, yaitu dengan memberi produk berkualitas dan pelayanan yang baik.
Ketika mereka
mendapatkan kesan pertama yang baik, bukan tidak mungkin bahwa pelanggan
rekomendasi berubah menjadi pelanggan setia. Khususnya ketika mereka
mendapatkan kepuasan.
11. Pelanggan yang Suka
Menganalisis
Ini adalah tipe
pelanggan yang memeriksa produk Anda secara mendetail dan teliti, kemudian
membandingkannya dengan produk lain yang serupa. Setelah puas membandingkan dan
memeriksa produk Anda, mereka kemudian membuat keputusan yang dinilai terbaik.
Cara menghadapi
tipe konsumen ini adalah memastikan kelengkapan produk dan kejelasan informasi.
12. Pelanggan Sombong
Pelanggan sombong
adalah tipe pelanggan yang tidak bersedia menerima saran dari orang lain dan
merasa paling mengetahui produk. Karakteristik seperti ini jelas membuat
pebisnis merasa kerepotan.
Namun, ketika
Anda berhasil menarik hati konsumen ini adalah mereka tidak segan untuk membeli
banyak sekaligus. Mereka adalah tipikal pelanggan yang tidak pelit dan suka
memborong.
13. Pelanggan Diam
Pelanggan diam
adalah tipe pelanggan yang tidak suka memulai pembicaraan dan cenderung pasif.
Mereka tidak banyak bertanya, apalagi cerewet.
Cara menghadapi
pelanggan diam yang tepat adalah menanyakan kebutuhannya. Anda tidak boleh
ikut-ikutan pasif, namun harus menjadi pihak yang aktif bertanya.
14. Pelanggan Tidak Puas
Hampir mirip
seperti pelanggan yang suka menyampaikan kritik, ini adalah tipe konsumen yang
selalu merasa tidak puas. Baik itu dari segi produknya maupun pelayanan yang
diberikan.
Pelanggan yang
tidak puas sebenarnya bisa menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki pelayanan
dan kualitas produk Anda ke depannya.
Cara menghadapi
pelanggan tipe ini adalah bersikap tenang dan mengajak mereka berdiskusi
tentang ketidakpuasan yang dirasakannya, sehingga menemukan jalan tengah atau
solusi.
Demikianlah
pembahasan ringkas mengenai tipe-tipe pelanggan dan cara menghadapinya. Ketika
menjalankan bisnis, Anda akan bertemu banyak orang dengan karakteristik
berbeda.
Setelah
mengetahuinya, Anda bisa memberikan tanggapan dengan tepat sesuai tipe
masing-masing pelanggan. (bisnisan.id)
Posting Komentar untuk "14 Tipe-Tipe Pelanggan dan Cara Menghadapinya Yang Efektif"