Berbagai Macam Faktor Pendorong dan Penghambat Distribusi
Faktor pendorong
dan penghambat distribusi mungkin belum banyak diketahui oleh sebagian orang.
Sebelum memulai sebuah bisnis, ada berbagai macam ilmu yang harus Anda pahami
untuk memastikan kelancarannya. Termasuk segala sesuatu yang berhubungan dengan
distribusi.
Distribusi adalah
bagian penting dalam rantai bisnis yang berperan sebagai penghubung antara
produsen, penjual dan konsumen. Ketika proses distribusi terhambat, seluruh
pihak akan terkena imbasnya.
Produsen bisa
kelebihan stok, sedangkan penjual dan konsumen tidak mendapat barang yang
mereka butuhkan. Dengan perannya yang sangat penting, apa saja faktor pendorong
dan penghambat distribusi? Simak pada uraian di bawah.
Pengertian Distribusi
Distribusi adalah
proses pengiriman atau penyaluran barang dari produsen kepada konsumen.
Aktivitas ini dibutuhkan oleh semua pihak yang terlibat di
dalam lingkaran bisnis. Pihak
yang bekerja dibidang ini disebut sebagai distributor.
Sebagai konsumen,
Anda pasti sering mendengar istilah distributor resmi. Baik itu untuk produk
kecantikan, produk gadget dan lain sebagainya.
Salah satu
contohnya adalah distributor resmi Yamaha. Ini berarti mereka adalah pihak yang menyalurkan
kendaraan merek Yamaha kepada konsumen.
Seorang
distributor umumnya berurusan langsung dengan produsen produk dan para agen di bawahnya, namun ada
juga yang menyalurkan produknya langsung ke konsumen akhir.
Sehingga, proses
penyaluran produk dibedakan menjadi dua macam. Yaitu distribusi langsung dan
distribusi semi langsung.
Distribusi
langsung adalah penyaluran barang dari produsen ke konsumen yang dilakukan
tanpa melalui perantara.
Contohnya adalah
pedagang mie ayam yang menjual barang dagangannya langsung kepada pembeli.
Distribusi tidak
langsung adalah penyaluran barang dari produsen ke konsumen dilakukan dengan
melibatkan perantara.
Contohnya adalah
PT. Mitra Husada yang memasok berbagai macam merk mie instan kepada para
pengecer.
Baik itu
distribusi langsung maupun distribusi tidak langsung, keduanya adalah aktivitas
yang sebenarnya sudah familiar dengan kehidupan sehari-hari.
Faktor Pendorong dan Penghambat
Distribusi
Setelah
mengetahui pengertian distribusi, sekarang kita mencari tahu apa saja faktor
yang bisa mempengaruhi aktivitas penyaluran produk kepada konsumen. Yaitu
sebagai berikut:
Beberapa Faktor Pendorong
Distribusi
Faktor pendorong
distribusi adalah segala sesuatu yang bisa membuat aktivitas penyaluran produk
menjadi lancar. Ini terdiri dari permintaan konsumen, strategi pemasaran tepat,
kemudahan logistik, serta inovasi teknologi seperti e-commerce dan layanan transportasi
online.
1. Permintaan Konsumen
Permintaan
konsumen adalah faktor pertama yang bisa mendorong proses distribusi barang.
Semakin tinggi permintaan konsumen terhadap suatu produk, maka proses
distribusi yang dilakukan juga semakin intens.
Begitu pun sebaliknya,
ketika permintaan konsumen terhadap suatu produk rendah, maka proses distribusi
juga rendah.
Setiap daerah
umumnya memiliki tingkat permintaan produk yang berbeda-beda. Produk yang laris
di daerah A, belum tentu laris di daerah B dan C.
2. Strategi Pemasaran yang Tepat
Faktor pendorong
distribusi berikutnya adalah strategi pemasaran yang tepat, sehingga berhasil
meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk dan permintaan konsumen.
Baik itu pihak
produsen maupun distributor, keduanya
memiliki andil yang besar dalam mewujudkan suksesnya strategi pemasaran.
Salah satu
strategi yang biasa diterapkan adalah memperluas jangkauan pasar, sehingga
mencapai konsumen di berbagai wilayah. Mulai dari di wilayah perkotaan, sampai
dengan daerah pelosok.
Untuk memperluas
jangkauan pasar, bisa dilakukan dengan pembukaan cabang atau toko baru,
ekspansi saluran distribusi dan bekerja sama dengan mitra bisnis di daerah yang
belum terjangkau.
3. Kemudahan Logistik
Pernahkah Anda
bertanya, mengapa di daerah perkotaan menyediakan pilihan produk yang lebih
komplit dibandingkan daerah pelosok? Jawabannya adalah karena faktor logistik
atau transportasi.
Daerah yang
memiliki sistem jalan baik dan bisa dijangkau oleh berbagai macam transportasi,
memiliki tingkat distribusi lebih tinggi dibandingkan daerah yang kurang
terjangkau dari segi transportasi.
Oleh karena itu,
kemudahan logistik menjadi faktor pendorong distribusi berikutnya yang memiliki
andil besar terhadap rantai pasokan barang di suatu daerah.
4. Hadirnya E-Commerce dan
Layanan Pengiriman
E-commerce
membantu pengenalan produk ke masyarakat dengan cepat dan efektif. Produsen
bisa memanfaatkannya sebagai ajang promosi untuk mendapatkan konsumen secara
masif dari berbagai daerah.
Sementara itu,
layanan pengiriman memfasilitasi dari segi logistik sehingga barang pesanan
bisa sampai di tangan konsumen.
Keduanya adalah
bentuk inovasi teknologi yang menjadi faktor pendorong distribusi di era
belanja online seperti sekarang. Kehadirannya memberikan keuntungan yang sama
besar bagi produsen dan konsumen.
Dari segi
produsen, mereka bisa menjual produk ke lebih banyak orang. Sedangkan dari segi
konsumen, mereka bisa membeli produk yang menjadi kebutuhannya dengan cepat dan
mudah.
Faktor Penghambat Distribusi
Faktor penghambat
distribusi adalah segala sesuatu yang membuat aktivitas penyaluran barang
kepada konsumen menjadi tidak lancar atau bahkan tidak bisa dilakukan sama
sekali.
Adapun faktor
yang bisa menghambat distribusi antara lain keterbatasan infrastruktur,
regulasi dan birokrasi yang mencegah atau membatasi masuknya barang tertentu,
biaya distribusi mahal dan strategi pemasaran tidak tepat.
1. Keterbatasan Infrastruktur
Sebelumnya sempat
dibahas bahwa logistik yang memadai adalah faktor pendorong distribusi paling
berpengaruh. Ketika infrastruktur suatu daerah terbatas, maka ini bisa
menghambat proses distribusi produk.
Keterbatasan
infrastruktur bisa berupa transportasi yang tidak memadai dan jalan rusak.
Kedua hal ini bisa menghambat proses penyaluran produk dari produsen ke
konsumen.
2. Regulasi dan Birokrasi
Faktor penghambat
distribusi berikutnya adalah regulasi dan birokrasi dari pemerintah. Khususnya
untuk distribusi barang ke luar negeri, maka harus melalui prosedur yang
berlaku di negara tersebut.
Sebelum
mengedarkan barang ke suatu negara, produsen harus memastikan bahwa produk
mereka sesuai regulasi. Jika tidak sesuai, maka proses distribusi bisa ditolak.
Selain itu,
regulasi dan birokrasi juga sering menetapkan batasan-batasan tertentu terhadap
produk yang beredar.
3. Biaya Distribusi
Biaya distribusi
yang mahal seringkali menjadi faktor penghambat mengapa produk tidak sampai ke
daerah tertentu. Biaya yang dimaksud terdiri dari biaya pergudangan dan biaya
transportasi.
Dengan tingginya
biaya distribusi, ini membuat penyaluran produk ke tangan konsumen menjadi
tidak efisien.
Kalaupun harus
dipaksakan, hal itu membuat harga produk yang dijual kepada konsumen meningkat
drastis. Kita ambil contoh harga mie instan di Jakarta dan Papua yang berbeda.
Harga mie instan
di Papua lebih mahal karena biaya distribusinya juga mahal. Itulah mengapa
biaya yang tinggi seringkali menjadi faktor penghambat distribusi.
4. Strategi Pemasaran Yang
Kurang Efektif
Pemasaran bisa
dikatakan sukses ketika berhasil melekat di benak banyak orang. Seberapa jauh
jangkauan pemasaran dan berapa banyak orang yang mengenal produk juga menjadi
tolak ukur sukses atau tidaknya pemasaran.
Jika pemasaran
yang dilakukan kurang efektif, maka orang yang mengetahui keberadaan produk
juga sedikit. Ini juga bisa menjadi faktor penghambat distribusi.
Berbanding
terbalik dengan pemasaran yang sukses, dimana banyak orang berhasil dijangkau
dan mulai mengenal produk bisnis Anda.
Seiring
berjalannya waktu, orang yang mengenal produk bisa berubah menjadi konsumen.
Nah, pada saat itu rantai distribusi produk meningkat.
Demikianlah
pembahasan ringkas mengenai deretan faktor pendorong dan penghambat distribusi.
Setelah memahaminya, diharapkan Anda bisa memaksimalkan beberapa faktor yang
mampu meningkatkan rantai distribusi.
Dengan lancarnya
distribusi, produsen bisa mendapatkan keuntungan secara maksimal dan konsumen
mendapat lebih banyak pilihan produk untuk dinikmati manfaatnya. (bisnisan.id)
Posting Komentar untuk "Berbagai Macam Faktor Pendorong dan Penghambat Distribusi"