5 STRATEGI PEMASARAN YANG DILAKUKAN PENGUSAHA SUKSES
Hal yang terpenting dalam usaha adalah barang
yang diperdagangkan terjual ke konsumen. Namun tentu saja untuk mencapai hal
tersebut tidaklah mudah dan diperlukan pengetahuan serta pengalaman yang cukup
agar bisnis yang ditekuni sukses. Berikut ini merupakan lima strategi
pemasaran yang dilakukan pengusaha sukses.
1. Lokasi, lokasi, lokasi dan lokasi
Dalam bisnis hal yang terpenting merupakan
lokasi dimana pemasaran dari produk dilakukan. Poin ini bukan berarti harus
mempunyai properti pada tempat yang strategis, namun lebih ditekankan pada
pelayanan dengan pendekatan ke konsumen.
Mengapa faktor ini menjadi terpenting yaitu
karena konsumen saat ini lebih pintar dalam melakukan transaksi dan tidak berpatokan
mutlak pada harga yang murah, namun faktor waktu, kenyamanan serta gengsi telah
menjadi fenomena baru. Namun memang, faktor harga yang murah masih sebagai
penentu pasar yang mayoritas.
Dalam kerangka bisnis digital, lokasi ini
sudah berubah menjadi ruang virtual dengan konsep yang sangat berbeda. Kita
harus mampu membangun toko digital yang mudah ditemukan di pasar online, mudah
ditemukan di pencarian map digital, serta punya otoritas domain yang kuat untuk
website utamanya. Lebih lanjut tentang bahasan ini anda bisa membaca ulasan
kami mengenai SEO dan Blogging.
2. Harga terjangkau
Saya gunakan kata-kata "terjangkau"
bukan "murah" karena setiap pemasaran yang dilakukan sebaiknya
disesuaikan dengan kelas ekonomi masyarakat. Jika ekonomi masyarakat mayoritasnya
adalah kelas bawah maka produk yang ditawarkan tentu saja dengan harga rendah,
walaupun margin keuntungan sangat kecil namun faktor pengalinya paling besar
sebab masyarakat dimana pun yang terbanyak adalah kalangan ekonomi rendah.
Begitu pula sebaliknya, jika lingkungannya
merupakan masyarakat ekonomi menengah ke atas, faktor kualitas lebih di
utamakan di bandingkan harga produk.
3. Mampu menjaga kualitas
Faktor ini diperlukan pengalaman bisnis yang
matang, karena banyak faktor yang mempengaruhi kualitas produk yang dijual.
Mulai dari bahan baku hingga faktor efisiensi menentukan kualitas barang yang
ditawarkan.
Maka terkadang untuk menjaga kualitas,
pengusaha harus mengorbankan keuntungannya untuk menutupi penambahan biaya yang
terjadi dalam jangka waktu tertentu, namun secara pendapatan per tahun harus
tetap menguntungkan, jika diperkirakan merugi, sebaiknya naikkan harga produk
dengan bijak agar konsumen tidak lari.
4. Mengutamakan kepuasan pelanggan
Kepuasan pelanggan sangat menentukan
kelangsungan usaha yang dijalani. Terutama bisnis dalam bidang jasa, faktor ini
merupakan hal utama yang dilakukan. Yang terkadang tidak belum di mengerti oleh
pelaku usaha yaitu "pelanggan merupakan media iklan yang sangat
efektif".
Tidak sedikit kesuksesan diraih karena jasa
dari pelanggan yang menginformasikan secara sukarela ke orang lain, misalnya
Google yang merajai di dunia maya tanpa melakukan iklan secara besar-besaran
namun cukup memberikan kepuasan ke pelanggan yang memakai fasilitas pada produk
google.
5. Inovatif
Agar barang yang ditawarkan laku, saat ini
inovasi penyajian produk sudah menjadi hal wajib. Dengan dinamisnya cara
penyajian produk maka konsumen seolah-olah ditawarkan hal yang baru walaupun
sebenarnya produknya sama.
Memang untuk menjalankan lima hal tersebut,
faktor finansial tetap diperlukan. Namun tidak mutlak! karena strategi
pemasaran dengan modal dengkul pun tetap bisa menjual produk.
Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu (bisnisan.id)
Posting Komentar untuk "5 STRATEGI PEMASARAN YANG DILAKUKAN PENGUSAHA SUKSES"