Dengarkan Pelanggan Anda, Meski Butuh Kesabaran
Dengarkan
Pelanggan Anda - Apa yang selalu
disampaikan oleh para expert yang biasa berkecimpung di dunia service mengenai
rahasia good customer service? Pasti salah satunya adalah sebuah tips atau kata
kunci yaitu Listen to your customers. Mendengarkan pelanggan baik komentar,
masukan atau keluhan adalah hal yang sangat penting.
Anda bayangkan kalau suatu saat anda sedang
mengalami kesulitan atau kecewa dengan produk yang baru anda beli, anda pergi
ke counter dan petugas tidak bisa menjawab, supervisor juga kurang paham dan
call center atau hot line service dari perusahaan juga tidak ada. Kemana anda
akan menyampaikan pertanyaan atau keluhan?
Proses yang memerlukan kesabaran
Mengapa terkadang Listen to your customers ini
kadang kurang mendapatkan porsi dalam praktek pelayanan pelanggan dibandingkan
keramahan, kecepatan atau penampilan. Beberapa penyebab yang sering ditemukan
adalah :
·
Perusahaan atau petugas merasa
tidak ada waktu untuk meladeni masukan atau keluhan pelanggan.
·
Anggapan bahwa pembeli atau
pelanggan memang banyak maunya, banyak menuntut dan tidak pernah puas.
·
Apabila manajemen tidak
menyediakan sistem atau program untuk menanggapi masukan pelanggan maka petugas
frontline juga akan merasa percuma meladeni respons pelanggan.
·
Yang paling parah apabila
perusahaan atau petugas pelayanan menghindari hal ini karena takut menerima
keluhan atau komplain.
Bagi petugas pelayanan proses ini memang
memerlukan kesabaran, karena harus mendengarkan, meresponse dengan santun,
mengambil langkah penangan, mencatat dan melaporkan kepada manajemen. Bagi
manajemen perusahaan juga memerlukan kesabaran karena harus melatih petugas,
membuat flow of process untuk penanganan keluhan, membuat standar waktu kapan
harus memberikan feedback bahkan memperhitungkan ganti rugi untuk keluhan berat
yang memerlukan recovery. Selain kesabaran memang memerlukan biaya juga.
Manfaat Mendengarkan Pelanggan
Banyak sekali manfaat yang kita akan peroleh
dengan mendengarkan masukan atau komentar atau keluhan pelanggan, antara lain:
1.
Anda akan memahami “needs” atau
kebutuhan pelanggan. Seringkali sebuah usaha gagal dipertahankan karena
menyediakan produk atau jasa tanpa memahami dengan detil keinginan konsumen.
2.
Keinginan konsumen sangat beragam
dan terus berubah sesuai waktu dan keadaan, jadi apabila pelanggan menyampaikan
sesuatu artinya anda memperoleh informasi ter-up date mengenai response
pelanggan terhadap produk atau jasa yang anda tawarkan.
3.
Masukan dari pelanggan adalah
bagian dari data riset pasar yang anda peroleh secara gratis dan orisinil,
langsung dari sumber pertama tanpa dikemas atau dibumbui apapun. Ini sangat
membantu dalam pengambilan keputusan pengembangan produk atau layanan.
4.
Informasi dari pelanggan
seringkali berisi ide-ide cemerlang untuk kemajuan produk atau layanan anda,
yang apabila ditanggapi dengan serius akan berdampak positif bagi bisnis anda.
5.
Pelanggan yang suaranya
didengarkan akan merasa senang dan relatif lebih setia untuk datang dan
bertransaksi kembali, bahkan memberitahukan kepada orang lain tentang kelebihan
produk atau layanan perusahaan anda.
Sebuah cerita sukses terjadi di sebuah kota di
Jawa Tengah, dimana sebuah perusahaan obat-obatan yang cukup besar membuka juga
usaha apotik untuk mendekatkan diri dengan konsumen. Petugas apotik mencatat
dan melaporkan bahwa seringkali pelanggan (pasien) meminta obat hanya separuh
atau seperempat resep karena obat-obatan cukup mahal harganya dan uang mereka
tidak cukup.
Manajemen serius menanggapi keluhan dan
permintaan pelanggan ini dan “memutar otak” bagaimana supaya masyarakat tetap
mampu membeli obat dengan daya beli yang ada.
Risetpun dilakukan dan akhirnya muncul
obat-obat untuk penyakit yang umum seperti demam, malaria, diare, maag dan
penyakit umum lainnya dalam kemasan kaplet isi 4. Siapapun mampu membeli
obat-obatan ini dan minimal orang sakit tertolong kecuali sakitnya parah.
Perusahaan pun mengalami peningkatan penjualan sangat pesat, akibat dari
keseriusannya mendengarkan pelanggan.
Let your customer talk and show him that you
are listening by making the appropriate responses, such as suggesting how to
solve the problem. Mulailah langkah sederhana ini: mendengarkan, dan anda akan
memperoleh banyak manfaat. Service Excellence, Siapa pun Bisa Lakukan! (bisnisan.id)
Posting Komentar untuk "Dengarkan Pelanggan Anda, Meski Butuh Kesabaran"