Langkah Menjaga Keselamatan Kerja Karyawan
Langkah Menjaga Keselamatan Kerja Karyawan - Kita hidup di dunia di mana hal-hal buruk dapat terjadi di tempat kerja kapan saja. Bahkan tindak kejahatan pun juga
bisa terjadi di tempat kerja.
Setakut dan sekesal apa pun kita terhadap
tindakan pelaku, kenyataannya adalah bahwa hal seperti ini sudah menjadi biasa.
Selain aksi teror, keamanan tim Anda dapat terganggu akibat bencana alam dan
kejadian tak terduga lainnya.
Namun sedikit orang yang akan berpikir itu
benar-benar akan terjadi pada mereka. Sebagai seorang pemimpin, Anda
bertanggung jawab tidak hanya untuk keamanan Anda sendiri, tetapi untuk
keamanan dan keselamatan orang yang Anda pimpin. Untuk membantu Anda memimpin
dengan memberi keamanan yang baik di tempat kerja, berikut tujuh poin yang
patut diperhatikan
dalam menjaga keselamatan kerja karyawan:
1. Menerima Realita
Hal itu bisa terjadi di tempat kerja Anda.
Pelaku bisa seseorang yang Anda kenal atau orang asing. Hidup dalam
penyangkalan adalah strategi yang buruk. Wawancara pasca – tragedi
sering membuktikan: “Saya tidak pernah bisa membayangkan itu terjadi di sini,”
akan sering anda dengar.
2. Sadarlah, lalu ajarkan
orang untuk sadar
Penjahat menggunakan berbagai cara yang tidak
terduga. Waspadailah perilaku yang tidak biasa atau yang mencurigakan, sehingga
Anda dapat memperhatikan keganjilannya. Jangan takut untuk bertanya atau
melaporkan, dan pastikan Anda bukanlah orang yang penakut. Bersikaplah sopan
namun tegas untuk menantang siapa pun yang bersikap mencurigakan.
3. Dengarkan saran dari
para ahli
Aparat penegak hukum biasanya bersedia untuk
memberikan saran dan bahkan kursus, untuk perusahaan swasta agar dapat
mengajarkan dan memberikan keamanan. Carilah seorang ahli yang terpercaya dalam
bidang keselamatan kerja. Bersikap intuitif tidak selalu aman dan
efektif, tetapi ahli akan tahu apa yang terbaik.
4. Mengembangkan
rencana
Pastikan setiap karyawan memahami apa yang
harus dilakukan ketika dalam situasi darurat atau bencana, baik teror atau
bencana alam. Berbagai rencana tindakan harus dimasukkan dalam kebijakan dan
prosedur manual. Lebih baik lagi untuk mengkonsultasikan rencana ini dengan
konsultan hukum Anda
5. Lakukan simulasi
Percuma jika memiliki rencana tetapi tidak
dapat menerapkan. Setiap triwulan atau setidaknya setiap enam bulan, ingatkan
karyawan Anda melakukan simulasi sehingga orang tahu apa yang harus dilakukan
dan ke mana harus pergi dalam keadaan darurat tertentu.
6. Cari pemimpin dalam
tim Anda
Orang-orang ini dapat berfungsi sebagai kapten
untuk membantu koordinasi dan mengambil tanggung jawab tambahan dalam kasus
darurat. Buatlah tim yang mendukung keselamatan di lingkungan kerja.
7. Pertimbangkan untuk
memberikan kursus bela diri kepada seluruh karyawan
Karyawan tidak hanya cukup untuk diberikan
penghargaan, tetapi keselamatannya juga perlu diproteksi.
Tindakan keselamatan sering kali dilakukan
ketika sudah terjadi kejadian yang tidak menyenangkan. Anda harus
mengendalikannya, jangan menunda melakukan apa yang perlu dilakukan untuk
menjamin keselamatan Anda dan tim Anda. Itulah beberapa langkah menjaga keselamatan
kerja karyawan yang bisa dilakukan oleh setiap pemimpin perusahaan. Semoga bermanfaat
(bisnisan.id)
Posting Komentar untuk "Langkah Menjaga Keselamatan Kerja Karyawan"