Pengertian Online Marketing dan Aplikasinya
Pengertian Online Marketing dan Aplikasinya
- Online Marketing adalah kegiatan komunikasi
pemasaran dengan menggunakan media Internet. Pada awalnya menggunakan
halaman-halaman statis berformat HTML yang bisa diakses oleh pengguna Internet.
Itulah awal dari website yang kemudian menjadi
semacam 'brosur online' dan bahkan ‘kantor kedua’ bagi perusahaan-perusahaan
untuk menampilkan jati dirinya ke seluruh dunia. Pada perkembangannya online
marketing tidak hanya menggunakan media website, namun juga email dan
aplikasi-aplikasi lain yang berjalan di atas protocol Internet.
Saat ini online marketing telah jauh berkembang
lebih pesat. Di saat orang-orang sudah mulai menggunakan aplikasi secara
online, di situlah online marketing hadir. Banyak sekali format-format
komunikasi pemasaran yang ada di berbagai platform online, mulai dari iklan
interaktif, video, juga endorsemen.
Sebagai bagian dari kegiatan marketing dengan
menggunakan media Internet, online advertising (periklanan di Internet) menjadi
kajian yang menarik bagi para marketer khususnya dan dunia usaha umumnya.
Apa sebenarnya periklanan di Internet itu?
Pada awalnya periklanan di media Internet
adalah memindahkan materi iklan yang sudah berjalan di media konvensional
(televisi, majalah, surat kabar) ke dalam website. Namun pada perkembangannya,
pemanfaatan karakteristik media Internet mampu memaksimalkan hasil yang didapat
melalui aktivitas periklanan di Internet.
Hal tersebut menjadikan media Internet kini
dipakai sebagai bagian dari bauran pemasaran (marketing mix) dengan pendekatan
yang berbeda sesuai dengan karakteristik media dan target audiens yang ingin
dicapai.
Aktivitas yang lazim dipakai dalam periklanan
di media Internet adalah memasang banner (banner ad). Namun tuntutan komunikasi
pemasaran yang makin kompleks tidak cukup hanya dengan cara seperti itu.
Dibutuhkan strategi, kreatifitas dan pengukuran yang akurat serta
mengkonvergensikan kemungkinan yang ada.
Misalnya, menggunakan strategi viral melalui media
sosial, endorsemen selebrity, membangun situs khusus produk yang terpisah dari
corporate site, merancang webtorial pages, membuat advert-gaming, mensinergikan
dengan mobile marketing, online survey/polling dan strategi lainnya.
Online Marketing dengan SEO dan SEM
Selain aktivitas periklanan di atas, ada juga
teknik periklanan yang lebih murah dan efisien, yaitu menggunakan mesin pencari
(Search Engine Otimization). Dengan SEO, website akan mudah ditemukan di mesin
pencari dan kemungkinan dikunjungi semakin tinggi karena saat ini 80% pengguna
internet mencari data dengan memanfaatkan mesin pencari sebagai basis awal
pencarian.
Strategi SEO ini tidak bisa dibangun dengan
instan. Ada algoritma rahasia dari mesin pencari yang harus dipahami. Biasanya
ada ahli tersendiri terkait dengan strategi SEO ini.
Pada dasarnya SEO adalah optimasi konten dan
website. Jadi ada yang menyebut SEO on page dan SEO off page. SEO on page adalah
optimasi konten yang diunggah sehingga mampu menjadikan konten berkualitas yang
pada akhirnya dianggap penting oleh mesin pencari, serta yang lebih penting
adalah relevan dengan kata kunci yang diinginkan oleh perusahaan.
Lain halnya dengan SEO off page, strategi SEO
ini lebih menitikberatkan pada bagaimana konten ditampilkan secara cepat dan mudah
terbaca oleh user, juga tak kalah pentingnya adalah berapa banyak situs lain
yang merekomendasikan konten tersebut.
Lalu apa yang dimaksud dengan SEM. Bila SEO
adalah singkatan dari search engine optimization, maka SEM adalah kependekan
dari search engine marketing. Bila SEO merupakan optimasi di tangan konten
kreator serta gratisan, maka SEM adalah jasa yang diberikan oleh pengelola
search engine untuk menampilkan link konten kita dengan membayar sejumlah biaya
tertentu.
SEM ini terkait dengan kata kunci yang menjadi
target kita serta peluang konversinya. Setiap kata kunci punya harga yang
berbeda-beda terkait dengan tingkat persaingan juga peluang konversinya.
Demikianlah
sekelumit ulasan kami mengenai pengertian online marketing dan aplikasinya.
Semoga bermanfaat dan selamat berkarya (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "Pengertian Online Marketing dan Aplikasinya"