Manfaat Kerja Tim dan Karakteristik Tim Yang Efektif
Manfaat Kerja Tim dan Karakteristik Tim
Yang Efektif – Kemampuan melakukan kolaborasi, yaitu
bekerja bersama untuk menghadapi tantangan yang kompleks adalah keterampilan
utama yang dibutuhkan dalam berbagai profesi. Sebuah tim adalah unit dari dua
orang atau lebih yang berbagi misi dan tanggung jawab untuk bekerja untuk
mencapai tujuan mereka.
Di jaman serba digital ini tim tidak harus
berasal dari tempat kerja yang sama, bisa jadi beberapa tim bertemu dan bekerja
sama secara langsung, ada juga tim virtual, yang anggotanya bekerja di lokasi
yang berbeda dan berinteraksi melalui satu atau lebih saluran digital.
Tim sering menjadi inti dari manajemen partisipatif,
upaya untuk melibatkan karyawan dalam pengambilan keputusan perusahaan.
Beberapa perusahaan menampilkan tim swakelola yang tidak memiliki manajer, dan
yang lain bahkan bereksperimen tanpa manajer tradisional sama sekali.
Dari sedikit uraian di atas Anda mungkin sudah
menebak apa saja yang menjadi manfaat kerja tim, serta apa pula yang menjadi
tantangannya. Apa saja manfaat atau keuntungan kerja tim ?
Manfaat Kerja Tim
Tim dapat memberikan berbagai manfaat bagi
perusahaan atau organisasi maupun individu yang bekerja dalam sebuah tim,
beberapa manfaat itu diantaranya adalah sebagai berikut:
·
Lebih banyak informasi dan
pengetahuan. Dengan mengumpulkan pengalaman beberapa
individu, sebuah tim memiliki akses ke lebih banyak terhadap informasi selama
proses pengambilan keputusan.
·
Kesempatan belajar. Tim yang menyatukan orang-orang dengan berbagai spesialisasi
pekerjaan memberikan setiap
individu kesempatan untuk saling belajar satu sama
lain.
·
Keberanian. Orang-orang yang mungkin ragu untuk mengambil risiko yang
diperhitungkan sendiri mungkin lebih bersedia untuk mengambil langkah berani
sebagai bagian dari tim.
·
Akuntabilitas. Kebanyakan orang ingin menghindari mengecewakan orang lain, dan
berpartisipasi dalam tim menciptakan rasa tanggung jawab yang tertanam kepada
orang lain.
·
Membangun kepercayaan. Bekerja sama dalam tim memungkinkan orang mengembangkan kepercayaan
pada rekan kerja mereka, yang juga dapat bermanfaat di luar batas aktivitas
tim.
·
Jangkauan sudut pandang yang
lebih luas. Tim yang beragam khususnya dapat membawa
berbagai perspektif yang meningkatkan pengambilan keputusan.
·
Dukungan untuk solusi yang dibuat oleh tim. Mereka yang berpartisipasi dalam membuat
keputusan lebih mungkin untuk mendukungnya dan mendorong orang lain untuk
menerimanya.
·
Peningkatan kinerja. Tim yang efektif bisa lebih baik daripada individu dengan kinerja
terbaik dalam memecahkan masalah yang kompleks.
·
Rasa kebersamaan di saat-saat baik maupun buruk. Berada di tim membantu individu
berbagi dalam kebahagiaan
suatu keberhasilan dan memberikan dukungan emosional
selama periode yang kurang
baik.
Kelemahan Kerja Tim
Meskipun kerja tim memiliki banyak manfaat dan keuntungan,
tim perlu menyadari dan berusaha
untuk mengatasi potensi kelemahan-kelemahan kerja tim berikut ini :
·
Pemikiran kelompok atau Groupthink.
Seperti struktur sosial lainnya, tim bisnis dapat menghasilkan tekanan yang
luar biasa untuk menyesuaikan diri. Groupthink terjadi ketika tekanan teman
sebaya menyebabkan anggota tim secara individu menahan pendapat yang bertentangan
dan mengikuti keputusan yang tidak benar-benar mereka yakini. Konsekuensi dari
groupthink biasanya
adalah pekerjaan yang terasa hambar, tidak
imajinatif hingga masalah
langsung yang ada di lapangan.
·
Agenda tersembunyi. Beberapa anggota tim mungkin memiliki agenda tersembunyi, yaitu motif
pribadi yang kontraproduktif, seperti keinginan untuk mengendalikan kelompok,
melemahkan orang lain dalam tim, atau mengejar tujuan yang tidak sesuai dengan cita-cita bersama.
·
Biaya.
Menyelaraskan jadwal, mengatur pertemuan, dan mengoordinasikan bagian-bagian
individual dari suatu proyek dapat menghabiskan banyak waktu dan uang.
·
Kelebihan beban atau overload.
Beberapa perusahaan ada
yang menganut pendekatan kerja kolaboratif sedemikian rupa
sehingga mereka membebani karyawan dengan tugas tim yang melampaui batas kemampuan individu secara
normal. Kalaupun mampu hanya akan bersifat jangka pendek.
Karakteristik Tim Yang Efektif
Ada berbagai macam faktor dapat mempengaruhi keberhasilan tim, tetapi beberapa hal berikut ini adalah yang paling umum
dan signifikan yang telah diidentifikasi oleh para
peneliti hali :
1.
Memiliki
kebersamaan untuk mencapai tujuan bersama dan nilai-nilai
yang kompatibel
2.
Adanya
tujuan yang jelas (terukur) dan menantang
3.
Keyakinan akan nilai upaya tim
4.
Kontribusi
yang seimbang dari orang-orang yang dapat memberikan
wawasan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan
5.
Norma perilaku positif yang
mempromosikan keamanan psikologis, mendorong orang untuk berbagi informasi,
mengusulkan ide yang belum terbukti, dan mengungkapkan kerentanan tanpa takut
akan akibatnya
6.
Kesediaan untuk menempatkan
kebutuhan tim di atas kebutuhan individu
7.
Komunikasi yang terbuka dan jujur
Perhatikan bagaimana semua sifat ini bergantung pada komunikasi, baik dalam
informasi yang dibagikan maupun cara orang berinteraksi satu sama lain.
Demikianlah
yang bisa kami sampaikan mengenai apa saja manfaat kerja
tim dan karakteristik tim yang efektif. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di bahasan menarik lainnya (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "Manfaat Kerja Tim dan Karakteristik Tim Yang Efektif"