Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Praktik Etika Bisnis Dalam Marketing

Daftar Isi [Tampil]

Contoh Praktik Etika Bisnis Dalam Marketing - Customer service adalah orang-orang yang berdiri di garis depan yang langsung berhadapan dengan customer.  Dari namanya saja, customer service, kita sudah bisa bayangkan pekerjaannya adalah melayani customer.  Orang-orang yang melayani customer inilah yang sangat berperan penting dalam membangun image perusahaan karena bersentuhan langsung dengan customer.

Contoh Praktik Etika Bisnis Dalam Marketing


Bila seorang customer service bernama rita berperilaku tidak menyenangkan maka yang ada dalam image customer adalah perusahaannya bukan ritanya.  Kenapa demikian? Karena pengaruh masing-masing karyawan apalagi para petugas garis depan sangat kuat mewakili perusahaannya.

Karena itu hal dasar yang paling penting dimiliki oleh seorang petugas customer service adalah mengenal etika bisnis.  Dengan kata lain seorang customer service harus punya etika.

Etika adalah falsafah moral sebagai pedoman nilai-nilai kehidupan yang baik dari sudut pandang budaya, agama dan susila.

 

Contoh Praktik Etika Bisnis Dalam Dunia Marketing

Berikut beberapa etika bisnis yang perlu diketahui oleh seorang customer service:

1. Menjaga sikap tubuh

Hindari:

·        Menggaruk-garuk kepala

·        Menggigit kuku

·        Menekuk-nekuk ibu jari

·        Berpangku tangan

·        Melipat tangan

·        Menggigit bibir

·        Duduk membungkuk

·        Berdiri membungkuk

·        Berjalan dengan menyeret sepatu

 

2. Berjabat tangan

·        Gunakan tangan kanan

·        Genggam selama 3-5 detik

·        Senyum dan kontak mata

·        Ucapkan nama anda/selamat datang/kabar

 

3. Menerima tamu

·        Berdiri saat tamu datang

·        Sapa, senyum dan kontak mata

·        Tanyakan dengan sopan apakah ia telah memiliki janji

·        Jika anda orang yang dituju maka persilakan duduk

·        Perkenalkan diri anda

 

4. Menunjuk sesuatu

·        Menggunakan kelima jari dengan telapak tangan terbuka

·        Menggunakan ujung pena untuk menunjukkan brosur atau formulir

 

5. Sikap berdiri

·        Berdiri dengan kaki ke depan lurus di muka dan kaki belakang membuat sudut 45 derajat

·        Berdiri dengan tegap dan biarkan lengan dan lutut tetap santai

Perlu sekali customer service mengikuti training mengenai praktik etika bisnis ini. Banyak sekali lembaga yang bisa menyediakan training ini.

 

Demikianlah contoh praktik etika bisnis dalam dunia marketing yang bisa kami sampaikan. Semoga sukses dan sehat selalu. (bisnisan.id)

Posting Komentar untuk "Contoh Praktik Etika Bisnis Dalam Marketing"