Cara Membangun Customer Service Mindset
Cara Membangun Customer Service Mindset - Membangun suatu budaya service dalam sebuah bisnis atau perusahaan
tidaklah mudah karena sering kali karyawan beranggapan bahwa service hanyalah
tugas karyawan yang berada di garis depan seperti Customer Service, Security,
Marketing dan Receptionist. Selain itu budaya mayoritas masyarakat
cenderung individualistis yang hanya memikirkan diri sendiri, sehingga
kesadaran untuk melayani sangat kecil.
Service mindset adalah pola pikir yang
berfokus pada penciptaan nilai, loyalitas, dan kepercayaan pelanggan. Seseorang
dengan mindset ini tidak hanya sekadar menyediakan produk atau layanan, namun
juga menciptakan jejak positif di benak pelanggan dan memberikan pelayanan yang
melampaui ekspektasi. Service mindset adalah sesuatu yang harus dimiliki setiap
orang dan bukan hanya menjadi bagian dari pekerjaan seorang sales atau
marketing yang menjadi garda terdepan menangani langsung pembeli.
Karena itu perlu sekali mengembangkan service
mindset atau pola pikir melayani dalam sebuah bisnis atau perusahaan. Mindset
terbentuk karena adanya kegiatan yang dilakukan secara terus menerus dan
berulang-ulang. Mindset karyawan yang berpikir bahwa service hanyalah
tugas mereka yang ada di garis depan dan pemikiran bahwa selama pekerjaan saya
selesai masa bodoh dengan orang lain, inilah yang perlu dirubah dengan cara
membentuk sebuah kebiasaan baru yaitu kebiasaan melayani.
Apakah Karyawan Anda Memiliki Service Mindset?
Bagaimana mengetahui apakah seseorang atau
karyawan anda memiliki service mindset. Berikut caranya:
1.
Karyawan yang memandang bahwa
customer adalah raja
2.
Karyawan anda sering membicarakan
hal-hal positif mengenai pelanggan dari pada hal-hal negatif
3.
Memandang sikap negatif customer
(complain atau kritik) sebagai kesempatan untuk belajar memberikan layanan yang
lebih baik
4.
Selalu memandang pekerjaan dalam
perspektif konsumen
5.
Selalu berusaha menolong customer
Bila seorang karyawan atau petugas customer
service tidak memiliki hal-hal di atas, maka bisa dipastikan bahwa karyawan
tersebut belum memiliki mindset service. Karena itu perlu membangun
service mindset pada setiap karyawan yang ada sehingga karyawan menjadi sadar
bahwa memberikan layanan yang baik merupakan tugas setiap karyawan.
Bagaimana Cara Membangun Service Mindset?
Beberapa cara dapat digunakan
untuk membangun service mindset, diantaranya adalah :
1.
Melakukan survey atau observasi
untuk mengetahui tingkat layanan kepada konsumen
2.
Melakukan survey terhadap service
internal (hubungan antara karyawan di masing-masing departemen)
3.
Membuat service standard dan
mensosialisasikan kepada setiap karyawan supaya karyawan menyadari bahwa
perusahaan sudah menerapkan standard service
4.
Memberikan training baik kepada
karyawan yang berada di garis depan maupun yang tidak untuk membangun kesadaran
akan service dalam diri masing-masing karyawan
5.
Membuat slogan atau semboyan service
dan menaruhnya pada posisi strategis di kantor sehingga setiap karyawan selalu
membacanya dan menyadarinya. Beberapa perusahaan menggunakan pin yang
ditempel di kemeja atau blouse dari karyawan.
6.
Melakukan evaluasi secara periodic
mengenai standard service yang sudah ditetapkan apakah masih tetap menjadi
acuan tiap-tiap karyawan
7.
Memberikan peringatan bagi
karyawan yang melakukan pelanggaran
Nah,
demikianlah cara membangun customer service mindset yang bisa kami sampaikan. Kurang
lebihnya kami mohon maaf. Semoga
bermanfaat (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "Cara Membangun Customer Service Mindset"