Bagaimana Cara Menentukan Target Market Yang Spesifik dan Jelas
Bagaimana
Cara Menentukan Target Market Yang Spesifik - Untuk
membangun bisnis yang solid, pertama kali yang harus dilakukan adalah
mengidentifikasi customer Anda dan merancang strategi marketing Anda.
Dengan keadaan ekonomi global yang tengah
memburuk saat ini, memiliki target pasar yang jelas menjadi sangat penting bagi
sebuah bisnis. Tidak ada yang satu bisnispun yang mampu mentarget semua
kalangan. Terlebih bisnis kecil, untuk dapat berkompetisi di market yang penuh
dengan perusahaan besar, harus mampu mengidentifikasi target market dengan
jelas.
Banyak bisnis mengatakan bahwa “Semua orang
menyukai produk saya”, sebagian lagi mengatakan target saya adalah pemilik
bisnis kecil, pemilik rumah, atau ibu rumah tangga. Semua itu terlalu umum
untuk dijadikan target pasar mereka.
Menargetkan market yang spesifik bukan berarti
Anda melupakan customer yang tidak memenuhi kriteria sebagai customer Anda.
Namun hal ini berfungsi untuk membuat Anda fokus dalam memasarkan produk dan mengenalkan
produk Anda pada market yang spesifik tersebut, yang akan berarti
merekalah yang akan paling banyak membeli produk Anda. Hal ini akan membuat
Anda menjadi lebih mudah, efisien, dan efektif dalam mendapatkan customer.
Sebagai contoh perusahaan desain interior
lebih memilih mentarget para pemilik rumah dengan usia 35-65 tahun dengan
pendapatan $150.000 di Baton Rouge, Lousiana. Untuk mendapatkan pasar yang
lebih spesifik ke depannya, perusahaan ini harus memilih target yang tertarik
pada pembuatan dapur dan renovasi rumah. Kemudian target tersebut dapat dipilah
menjadi dua, orang tua, atau orang dewasa.
Dengan sudah jelasnya target Anda, akan
menjadi lebih mudah untuk menentukan dimana dan bagaimana untuk memasarkan
perusahaan Anda. Berikut beberapa tips untuk membantu Anda agar Anda tahu bagaimana
cara menentukan target market yang spesifik dan jelas sehingga lebih mudah mendapatkan
target pasar Anda.
Lihat latar belakang Customer Anda
Siapa customer Anda sekarang, dan mengapa
mereka membeli dari Anda? Lihat karakteristik dan interest-nya. Hal
mana yang paling bisa menarik customer? Sangat mungkin bahwa beberapa orang
dari hal tersebut mendapatkan manfaat dari produk/ layanan Anda.
Lihat Kompetitor Anda
Siapa competitor Anda? Bagaimana customer
mereka saat ini? Jangan samakan market Anda dengan mereka. Cobalah memilih
market niche yang mereka abaikan.
Analisa Produk/Layanan Anda
Tulis semua jenis produk dan layanan Anda.
Setiap jenisnya, tuliskan keuntungan yang bisa disediakan kepada customer (juga
“keuntungan dari keuntungan”) sebagai contoh : Seorang designer grafis
menawarkan kualitas yang tinggi akan desainnya. Manfaatnya adalah menciptakan
suatu image perusahaan yang professional, kemudian image tersebut akan menarik
customer karena mereka melihat perusahaan tersebut professional dan terpercaya.
Jadi kesimpulannya, keuntungan dari desain
berkualitas tersebut adalah dapat mendapatkan customer dan uang yang lebih
banyak.
Meskipun Anda telah menulis manfaatnya,
buatlah kriteria target customer Anda yang membutuhkan manfaat tersebut. Contoh
seorang designer grafis menargetkan target pada perusahaan yang membutuhkan
media untuk memperluas target pasarnya. Walaupun sangat umum, tetapi Anda tahu
dasarnya dari mana untuk memulai.
Buat target yang spesifik berdasarkan faktor Demografi
Menentukan target pasar, tidak hanya
mendeskripsikan siapa yang butuh produk dan layanan Anda, namun penting juga
untuk tau siapa yang akan membelinya. Pikirkan faktor-faktor berikut
·
Umur
·
Tempat Tinggal
·
Jenis Kelamin
·
Tingkat Pendapatan
·
Tingkat pendidikan
·
Status
·
Pekerjaan
·
Etnis
Pikirkan target anda berdasar psikografi
Psikografi lebih ke arah karakteristik
seseorang, termasuk
·
Data Diri
·
Kebiasaan
·
Penilaian
·
Hobi
·
Gaya Hidup
·
Kebiasaan
Perhatikan bagaimana produk dan layanan Anda
akan mengena pada gaya hidup target Anda. Bagaimana dan kapan mereka
menggunakan produk tersebut? Fitur apa yang paling mereka butuhkan? Media
seperti apa yang mereka butuhkan? Apakah mereka membaca koran, pencarian online,
atau cara lain?
Evaluasi Keputusan Anda
Meskipun Anda telah menentukan target
pasarnya, pastikan melihat pertanyaan berikut:
·
Apakah customer yang memenuhi
kriteria market saya cukup banyak ?
·
Akankah target customer saya
benar-benar akan memanfaatkan produk /layanan saya? Benarkah mereka membutuhkan
itu?
·
Apakah saya mengerti apa yang
membuat customer saya memilih produk saya?
·
Akankah mereka memilih produk
saya?
·
Apakah mereka bisa menangkap pesan
dan maksud saya? Apakah mereka mudah mengakses?
Salah satu
kunci bagaimana cara menentukan target market yang
spesifik adalah jangan memecah target Anda terlalu jauh! Ingat, Anda dapat memiliki
lebih dari satu target market. Pikirkan bagaimana jika pesan marketing Anda
harus berbeda untuk setiap market yang Anda masuki?
Kemudian Bayangkan jika Anda masuk pada kedua
target secara efektif dengan pesan yang sama, dan mungkin Anda melihat market
Anda sudah terpecah terlalu jauh. Lalu, ketika Anda menemukan bahwa hanya ada
50 orang yang memenuhi kriteria, mungkin Anda harus mengevaluasi target Anda.
Gunakan trik ini untuk melihat keseimbangannya.
Anda mungkin bertanya “ Bagaimana saya
menemukan semua informasi ini?” Coba cari riset secara online bagaimana target
Anda. Carilah majalah, artikel, dan blog yang membicarakan masalah target pasar
Anda.
Cari blog dan forum dimana orang-orang yang
termasuk target Anda berkomunikasi tentang hal yang berhubungan market Anda.
Carilah untuk menemukan hasil surveinya, atau pikirkan untuk membuat survey dari Anda
sendiri, Tanya pada customer Anda sekarang untuk mendapatkan
feedback.
Menemukan target Anda merupakan bagian yang
sulit. Namun jika Anda telah mengetahui siapa target Anda, ini akan memudahkan
Anda untuk memilih media apa yang sesuai dan dapat menyampaikan pesan /fungsi
Anda kepada mereka.
Mengirimkan email langsung membuat Anda dapat
memilih target sesuai kriteria Anda. Simpan uang dan dapatkan keuntungan dari
investasi Anda dengan menentukan target market Anda.
Nah, itulah
tadi bagaimana cara menentukan target market yang spesifik dan jelas yang bisa
kami sampaikan untuk kemajuan bisnis Anda. Semoga bermanfaat dan salam sukses
selalu (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Menentukan Target Market Yang Spesifik dan Jelas"