Syarat dan Harga Franchise Chatime di Indonesia
Sudah wara-wiri dalam dunia minuman kekinian sejak
tahun 2005, faktanya franchise chatime masih menjadi bahan perburuan
para pebisnis. Bukan tanpa alasan, tetapi kedai minuman asal Taiwan ini mampu
berinovasi secara konsisten.
Tidak hanya di
Indonesia, bisnis minuman ini bahkan sudah melebarkan sayapnya hingga beberapa
negara, seperti Malaysia, Vietnam, Australia, hingga USA. Tertarik untuk
menjadi kemitraan bisnis kekinian ini?
Sekilas Tentang Franchise Chatime Indonesia
Chatime ialah salah
satu brand minuman yang memadukan antara teh dengan boba, sehingga muncul
istilah bubble tea. Bisnis waralaba ini masuk ke Indonesia pada tahun
2011 di bawah lisensi PT Food Beverages Indonesia.
Awal pembukaan, bubble
tea hanya bisa ditemukan di Mall Living World Alam Sutera yang ada di
daerah Tangerang. Namun per tahun 2021 lalu, tercatat sudah ada sekitar 389 franchise
chatime yang tersebar hingga 58 kota di Indonesia.
Angka tersebut
terbilang sangat fantastis, mengingat keberadaannya baru booming sekitar
tahun 2019 lalu. Kondisi tersebut juga di luar praduga, karena ternyata boba
memperoleh sambutan yang sangat baik dari masyarakat.
Inovasi Menu Chatime
Bukan hanya dari segi
bobanya saja, tetapi juga varian minuman Chatime yang memang sangat beragam.
Berikut beragam menu dan inovasi yang hanya tersedia pada franchise chatime:
1. Es Kaya Rasa
Awal pembukaan,
Chatime memang lebih fokus untuk mengembangkan minuman teh dalam berbagai
varian. Pembeli bisa memilih puluhan menu bubble tea dalam berbagai
rasa, seperi mango smoothie, taro milk tea, matcha mouse, dan lain-lain.
2. Tersedia Versi Panas
Tidak hanya minuman
dingin (cold) saja, Chatime juga menyediakan varian menu dalma kondisi hot
atau panas. Mulai dari americano, caramel latte, cappuccino, hazelnut,
mochaccino, hingga vanilla latte.
Hal ini tentu menjadi
daya tarik tersendiri, terutama bagi pencinta kopi dengan sensasi panas. Dengan
kata lain, Chatime sangat merakyat karena memahami kebutuhan setiap
pelanggannya.
3. Kemasan Popcan
Pada tahun 2020,
Chatime menghasilkan terobosan baru, yakni minuman kekinian dalam kemasan
popcan. Kemasan ini terbuat dari botol pet lengkap dengan tutup seng, seperti
popcan pada umumnya.
Sangat praktis,
karena tidak memerlukan sedotan untuk meminum sebotol bubble tea favorit.
Selain itu, popcan juga sangat aman dan ringkas, meski pelanggan membeli dalam
jumlah banyak.
4. Atelier
Salah satu inovasi
Chatime yang kini sedang menyeret perhatian besar, yakni gerai atelier. Berbeda
dengan minuman es lainnya, atelier menghadirkan sensasi dingin dari gas nitro,
sehingga terasa lebih segar dan unik.
5. Aplikasi Franchise Chatime
Untuk memudahkan
pelanggan memesan minuman, Chatime kini sudah mempunyai aplikasi khusus seperti
frachise lainnya. Melalui aplikasi ini, pelanggan bisa lebih mudah untuk
memesan Chatime di manapun berada.
Syarat Franchise Chatime
Melalui laman
resminya di indonesia.chatime.com.tw, PT Food Beverages Indonesia selaku
pemegang lisensi mengatakan, bahwa mereka tidak membuka franchise atau
kemitraan.
Maka dari itu, cukup
sulit untuk mencari tahu mengenai syarat pembukaan franchise chatime.
Jika memang tertarik dan ingin bertanya langsung kepada pemegang lisensi,
berikut kontak yang bisa dihubungi:
·
Address: Jalan Puri Kencana Nomor 1,
Meruya, Kembangan, Jakarta Barat 11610
·
Phone: 021-5829099
·
Instagram: @ChatimeIndo
·
Facebook: @ChatimeIndo
·
Twitter: @ChatimeIndo
·
Email: chatime@fbindo.com
Harga Pembukaan Franchise Chatime
Bagi yang ingin
bergabung dengan kemitraan Chatime memang harus sedikit bersabar dan
rajin-rajin untuk mencari informasi. Mungkin suatu saat nanti, pihak pemegang
lisensi akan kembali membuka kesempatan tersebut.
Lantas, berapa modal
yang harus dipersiapkan pebisnis untuk membuka franchise chatime? Melansir
beberapa sumber, berikut perkiraan modal untuk kemitraan Chatime di luar
negeri:
·
Investments: 150.000 – 160.000
US Dollar
·
Minimum cash: 50.000 US Dollar
·
Net worth: 98.000 US Dollar
Estimasi serta Alokasi Biaya Franchise
Sekali lagi, harga
tersebut barulah perkiraan semata yang mungkin akan berbeda dengan kenyataan.
Memang terbilang cukup mahal, karena biaya tersebut akan teralokasikan pada
beberapa pos, seperti:
1. Biaya Pendaftaran Kemitraan
Keuntungan bergabung
dengan franchise ialah segala keperluan mitra sudah dipersiapkan oleh
pusat. Mulai dari prosedur, promosi, hingga manajemen untuk menjalankan bisnis
tersebut.
2. Biaya untuk Penyediaan Bahan
Meski mempunyai
hingga 50 varian menu, tetapi pebisnis tidak perlu pusing-pusing untuk
berbelanja bahan minuman. Sebab, pihak pusat yang akan menyiapkan dan
mengirimkan semua bahan baku dan topping.
3. Biaya Kemasan Chatime
Chatime termasuk
salah satu brand minuman kekinian yang sangat besar, sehingga dari segi
kemasan juga tidak main-main. Oleh karena itu, franchise chatime harus
mempersiapkan kemasan yang dibutuhkan.
Apalagi Chatime
memiliki banyak menu dengan ukuran dan kemasan yang berbeda-beda, sehingga dari
segi modal juga lebih besar. Terutama untuk kemasan popcan yang dari segi bahan
pembuat saja sudah jelas berbeda.
4. Biaya untuk Penyewaan Tempat
Apapun jenis
kemitraan yang dijalankan, pasti membutuhkan tempat sebagai lokasi usaha, baik
dalam bentuk kafe, dine-in, compact, maupun kedai. Semakin besar
tempatnya, tentu memerlukan biaya yang lebih mahal, bukan?
Keunggulan Franchise Minuman Kekinian
Meski sudah mempunyai
ratusan gerai, faktanya masih saja banyak yang berminat untuk bergabung dengan franchise
chatime. Bukan tanpa alasan, berbisnis minuman kekinian memang mempunyai
beragam keunggulan, di antaranya:
1. Modal Masih Terjangkau
Selain Chatime masih
ada beberapa jenis bisnis minuman kekinian yang membuka kemitraan. Dibandingkan
bisnis lainnya, franchise seperti ini cenderung membutuhkan modal yang lebih
kecil.
Jika memang menyewa
tempat masih terasa berat, bisa mengalihkannya di rumah pribadi atau
menggunakan sistem compact. Dengan begitu, anggaran untuk menyewa tempat
bisa dialokasin untuk kebutuhan yang lainnya.
2. Tidak Perlu Banyak Karyawan
Selain sewa tempat,
pebisnis bisa memangkas modal melalui penggunaan karyawan. Usaha ini tidak
membutuhkan banyak karyawan, bahkan pebisnis bisa menjalankan sendiri untuk
sementara waktu.
Selain itu, minuman
kekinian tidak membutuhkan keahlian khusus, hanya perlu cermat dan teliti dalam
hal takaran. Biasanya, pihak pusat akan mengadakan training terlebih
dahulu, sebelum pemilik franchise terjun secara langsung.
Hal ini termasuk
salah satu layanan pada bisnis franchise, karena bertujuan untuk menjaga
kualitas dan standar rasa minuman. Apalagi untuk sekelas Chatime yang termasuk
minuman premium.
3. Pangsa Pasar Lebih Luas
Setelah kuliner,
peminat minuman kekinian juga sangatlah besar, tidak tergantung pada usia dan
jenis kelamin. Itu artinya, bisnis seperti ini mempunyai pangsa pasar yang
lebih luas.
Terutama untuk bisnis
seperti Chatime yang menyediakan dua versi minuman, yakni hot dan cold.
Hal ini membuat minuman kekinian tersebut tidak terpengaruh oleh cuaca yang
sedang terjadi.
Saat panas, pembeli
bisa memesan minuman dingin dalam berbagai varian rasa dan ukuran. Sementara
itu, saat musim penghujan tiba, penikmat sejati tetap bisa memesan Chatime
dalam versi panas.
4. Omzet dan Keuntungan Besar
Bermodalkan pangsa
pasar luas dan banyaknya pilihan menu menjadikan minuman kekinian seperti
Chatime mempunyai kesempatan meraih omzet lebih besar. Meski tampak receh,
faktanya bisnis ini bisa mendatangkan laba hingga jutaan rupiah.
Tidak perlu
bertahun-tahun, untuk membalikkan modal awal hanya membutuhkan waktu beberapa
bulan saja. Bagaimana bila memiliki lebih dari satu gerai atau franchise?
Namun, semua itu
kembali lagi pada usaha masing-masing pebisnis untuk mengembangkan franchise
chatime. Sebab, masih ada banyak faktor yang memengaruhi kesuksesan bisnis.
Selamat bergabung (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "Syarat dan Harga Franchise Chatime di Indonesia"