Apa itu USP (Unique Selling Proposition) ?
Apa itu USP (Unique Selling Proposition) ? - Setiap bisnis harus memiliki "USP": a Unique Selling Proposition. USP adalah hal yang membedakan produk atau jasa anda dari para pesaing lainnya, hal ini menjadikan anda spesial. Tanpa suatu Unique Value Proposition ( UVP ) maka perusahaan Anda ada dalam satu bahaya dimana perusahaan Anda akan tenggelam di tengah-tengah lautan persaingan bisnis yang ketat di masa ini.
Dengan memiliki USP perusahaan anda akan meningkatkan positioning dan pangsa
pasar karena:
1.
Unique
– hal ini membuat anda berbeda dengan yang lain
2.
Selling – membujuk pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan
3.
Proposition – adalah proposal atau usulan untuk diterima
Bagaimana mengembangkan USP
Unique Value Proposition / USP adalah
apa yang anda tawarkan kepada pelanggan anda. USP harus menarik sehingga dapat
digunakan untuk menjual produk atau jasa yang ditawarkan. Berikut ini adalah
beberapa langkah untuk mengembangkan apa itu USP (Unique Value Proposition):
1. Kenali pelanggan Anda
Untuk membuat USP yang efektif, anda harus
mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pelanggan anda. Anda harus
mengenali customer Anda, sehingga Anda dapat memahami hambatan atau
kendala yang menghalangi pelanggan membeli produk Anda dan apa saja yang
membuat produk Anda menjadi pilihan utama dari pelanggan.
Penjualan jasa dan produk anda ditentukan oleh
apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan anda. Anda tidak akan
menghasilkan apa apa dengan menjual sesuatu yang tidak diinginkan atau
dibutuhkan oleh orang lain. Selain itu, menjual sesuatu yang dibutuhkan tetapi
tidak diinginkan seseorang atau sebaliknya jugalah tidak berguna. Oleh karena
itu penting bagi USP anda untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan
anda.
Anda dapat menemukan apa yang diinginkan dan
dibutuhkan pelanggan anda dengan melakukan wawancara, diskusi, ataupun melakukan
survei terhadap
pelanggan anda.
2. Manfaatkan keunggulan anda untuk membedakan
anda dari pesaing Anda
Anda harus mengenali apa kelebihan jasa atau
produk yang anda tawarkan. Apa yang diinginkan oleh pelanggan adalah keuntungan
apa yang mereka dapatkan dari jasa atau produk anda. Bagaimana produk atau jasa
yang anda tawarkan dapat mengatasi masalah atau memperbaiki hasil yang
didapatkan oleh pelanggan anda. Kunci utama untuk mendorong pelanggan anda
membeli jasa atau produk yang anda tawarkan adalah dengan menawarkan keuntungan
melebihi apa yang ditawarkan oleh pesaing anda. USP anda harus fokus terhadap
hal hal berikut:
·
Keuntungan apa yang paling penting
yang dapat ditawarkan bagi pelanggan Anda
·
Keuntungan apa yang hanya dapat
ditawarkan oleh anda bukan pesaing Anda
·
Cantumkan dalam kalimat yang mudah
dimengerti, pendek dan unik
Melalui USP, anda harus menunjukkan kepada
pelanggan bahwa produk Anda berbeda dan unik sehingga pelanggan akan
memilih produk Anda.
3. Deliver (penuhi / berikan) USP yang anda
tawarkan
Anda boleh berlebihan ketika mengembangkan USP
tetapi anda harus memastikan bahwa anda dapat memenuhi semuanya. USP yang unik
/ menarik/ kuat dapat membuat bisnis anda menjadi sukses, tetapi jika anda
tidak memenuhi apa yang anda tawarkan hal ini dapat merusak reputasi anda.
Itulah penjelasan
sederhana kami mengenai Apa itu USP (Unique Selling
Proposition) dan bagaimana
cara mengembangkannya. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "Apa itu USP (Unique Selling Proposition) ?"