7 Cara Mempromosikan Produk Secara Lisan
Cara mempromosikan produk secara lisan yang efektif seperti
apa? Tentu banyak yang penasaran. Meski jaman digital tetapi strategi ini masih
cukup ampuh.
Sebagus
apapun suatu produk, tanpa promosi maka tidak akan ada yang mengenal dan
membelinya. Promosi merupakan pintu penjualan. Selain dengan cara
digital, secara lisan ternyata hasilnya cukup signifikan, apalagi untuk
konsumen yang berada di sekitar.
Cara Mempromosikan Produk Secara Lisan Dengan Mudah
Mengenalkan
produk secara langsung kepada pelanggan memerlukan ilmu dan strategi jitu. Jika
berhasil tidak menutup kemungkinan akan mendapatkan konsumen yang loyal.
Menjual produk ke konsumen jenis ini tentunya jauh lebih mudah. Bahkan tidak
perlu melalui promosi lagi.
Pengertian Promosi
Promosi
merupakan bagian dari strategi bisnis untuk mengenalkan produk pada calon
konsumen. Dalam proses promosi seorang karyawan harus dapat meyakinkan bahwa
produknya lebih bagus dari kompetitor.
Manfaat Melakukan Kegiatan
Promosi
Sebagaimana
diketahui bahwa promosi adalah cara untuk mengenalkan produk kepada konsumen.
Namun ternyata manfaatnya banyak sekali. Proses ini bukan hanya penting bagi
perusahaan pada saat sekarang, tetapi juga jangka panjang. berikut manfaat
promosi:
1. Menjaga
Hubungan Baik Dengan Pelanggan Lama
Pelanggan
lama merupakan bagian dari sistem dalam penjualan. Setelah menggunakan suatu
produk, bisa saja tertarik dengan item lainnya. Pembeli yang loyal setelah puas
dengan satu produk, untuk berikutnya tidak perlu diyakinkan kembali dengan yang
lain.
Namun
promosi tetap harus berlangsung untuk menjaga hubungan maik. Kadang, cukup
hanya dengan mengabarkan bahwa item baru akan segera meluncur. Seorang
pelanggan sudah merasa penting.
2. Menjaga Brand
Awareness
Brand
awareness merupakan poin yang dapat meningkatkan kepercayaan konsumen.
Oleh karena itu perlu upaya untuk terus menjaganya. Jika sebuah perusahaan
tidak pernah terlibat langsung dalam pameran atau event tertentu, bisa
jadi banyak pihak yang meragukan keberadaannya.
3. Menarik
Perhatian Pelanggan
Meskipun
dalam proses promosi tidak selalu terjadi closing namun kegiatan
tersebut dapat menjadi cara untuk menarik pelanggan. Dengan mengenalkan sebuah
produk yang mungkin saat ini belum dibutuhkan oleh pelanggan tersebut, hal
tersebut merupakan upaya untuk menunjukkan bahwa perusahaan masih eksis.
Cara Mempromosikan Produk Secara Lisan
Cara
berpromosi produk dengan secara lisan memerlukan strategi yang tepat. Seorang
marketing harus mempunyai bekal produk knowledge yang tinggi sehingga
dapat menjelaskan kepada konsumen.
Apa saja
yang bisa dilakukan untuk sebagai cara mempromosikan produk secara lisan?
Sebenarnya hal ini sangat mudah. Bekal utamanya adalah skill berkomunikasi yang
baik. Berikut poinnya
1. Jadikan
Diri Sendiri Sebagai Etalase Berjalan
Pelanggan
tidak akan percaya sebuah produk sabun A lebih bagus dari yang lain jika
marketingnya menggunakan merek B. Agar calon pembeli yakin gunakan dan sampaikan
hasilnya.
Begitu juga
dengan barang lainnya. Bagaimana mungkin meyakinkan pelanggan, bahwa sepatu
merek X itu awet dan bahannya nyaman, jika menggunakan yang lainnya. Contoh
cara mempromosikan produk secara lisan dengan menunjukkan apa yang digunakan
jauh lebih mudah.
2. Mulai
Dengan Kerabat, Teman Dan Keluarga Dekat Terlebih Dulu
Sebagian
orang meyakini bahwa mengenalkan produk pada keluarga atau teman dekat lebih
mudah. Cara mempromosikan produk secara
lisan ini terutama cocok untuk jenis barang yang penjual produksi
sendiri. Dengan melihat dan mencoba, keluarga dapat langsung memberikan
testimoninya.
3. Sapa
Pengunjung Dengan Sopan
Dalam
sebuah event, pameran atau toko, sapa semua pengunjung dengan sopan. Ucapkan
salam dan tanyakan perlu bantuan apa. Dengan demikian pelanggan akan meluangkan
waktu, setidaknya beberapa detik untuk berbicara dan melihat item yang ada.
Gunakan kata-kata mempromosikan produk secara lisan dengan sopan.
Hal ini
bisa saja menariknya untuk kemudian mendekati barang dagangan, kemudian
membelinya. Apakah hal ini cukup efektif? Kesan pertama ketika datang ke sebuah
toko akan selalu teringat. Jadi berikanlah yang terbaik.
4. Jangan
Ganggu Pengunjung Yang Sedang Melihat Produk
Pengunjung
dapat saja berlama-lama mengamati sebuah produk. Jangan mendatangi berulang
kali. Cukup sekali saja dan sampaikan jika perlu bantuan, petugas siap.
Terlalu
sering bertanya atau mengamatinya dari jauh akan membuat tidak nyaman. Bahkan
bisa saja menghilangkan mood-nya untuk berbelanja. Oleh karena itu, hal seperti
ini harus mendapat perhatian agar tetap nyaman.
5. Selalu
Tersenyum Meski Pelanggan Tidak Jadi Berbelanja
Cara mempromosikan produk secara lisan
selanjutnya adalah tetap tersenyum meski pelanggan tidak jadi berbelanja. Bisa
saja kedatangannya untuk memastikan bahwa produk tersebut sesuai dan akan
kembali di lain hari.
6. Tawarkan
Produk Dengan Sopan Dan Bahasa Tubuh Yang baik
Ketika
menawarkan produk pada pelanggan, lakukan dengan cara yang sopan dan gestur
atau bahasa tubuh dengan baik. Marketing adalah ikon yang teringat dalam
pikiran pelanggan. Jika memberi kesan buruk, maka pelanggan akan terus
mengingat dan tidak akan kembali.
7. Ucapkan
Terima Kasih
Meski
terlihat sederhana, namun ucapan terima kasih sangat penting. Ini menandakan
bahwa kedatangan pelanggan berarti dan mendapat penghargaan. Hal seperti ini
bisa mengundangnya untuk datang kembali.
Cara mempromosikan produk secara
lisan ternyata sangat mudah. semua dapat berlangsung tanpa strategi
khusus. Jika mempunyai tim marketing, sebaiknya ingatkan secara berkala bahwa
melakukan promosi dengan lisan sangat penting bagi keberlangsungan perusahaan. (bisnisan.id)
Posting Komentar untuk "7 Cara Mempromosikan Produk Secara Lisan"