Target Konsumen Pemasaran Online Wanita
Target Konsumen Pemasaran Online Wanita - Semakin hari, pengguna internet semakin bertambah, tidak hanya dunia laki-laki, namun juga kaum perempuan. Jumlah perempuan yang menggunakan internet saat ini sekitar 30% dari 55 juta pengguna internet Indonesia. Angka ini akan terus bertambah seiring banyak perempuan yang mengakses internet dengan memanfaatkan beragam aplikasi menggunakan berbagai gadget untuk mengakses informasi.
Sepuluh tahun lalu saja, yaitu pada pada 2011,
riset yang diadakan Google menunjukkan, orang lebih banyak menghabiskan
waktunya mengakses internet menggunakan laptop atau komputer, yakni 6,1 hari
per minggunya. Angka ini lebih tinggi dari kebiasaan orang menonton televisi
yakni 5,5 hari per minggunya, juga membaca surat kabar (4 hari per minggu)
serta mendengarkan radio (2,5 hari per minggu).
Sekarang jelas semakin jauh berkembang. Hampir
tidak ada satu pun target konsumen pemasaran di Indonesia yang tidak memegang
gawai canggih, terutama wanita.
Perempuan gemar berbelanja menggunakan
internet, terutama belanja online kebutuhan fashion dan kosmetik. Lebih dari 17
juta searcher per bulan adalah perempuan yang berbelanja online produk
kecantikan dan fashion. Internet merupakan wadah bagi perempuan untuk
mengembangkan dirinya, bukan hanya sebagai pengguna namun juga menjadi pemain.
Saat ini banyak pengusaha
perempuan yang berhasil memanfaatkan internet untuk mendongkrak penjualan
produknya. Aplikasi di internet yang memudahkan perempuan dalam berbisnis juga
mulai bermunculan. Jika anda ingin memanfaatkan internet untuk berbisnis, ada
sejumlah hal yang perlu diperhatikan, terutama jika ingin menembak kaum
perempuan yang merupakan pasar potensial.
Berikut 4 faktor yang perlu diperhatikan untuk
target konsumen pemasaran online Wanita menurut Erika Oktora, Online Sales
Manager Google Asia Pasific:
1. Be Found
Survei global Google menyebutkan, 65 persen
orang percaya searching di internet dapat membantunya mencari informasi yang
dibutuhkan. Jadi, bisnis online memiliki potensi besar ke depan. Kalau Anda
memiliki website untuk memasarkan produk, atau akun pada situs e-commerce,
tentunya akan lebih banyak orang yang terjaring ketika mereka mencari informasi
terkait produk yang Anda jual. Apalagi jika Anda menjual produk fashion dan
kecantikan yang menjadi sasaran kaum hawa.
2. Be Relevant.
Lima tahun terakhir, mobile lebih berkembang
ketimbang desktop. Semua orang akan beralih ke mobile untuk mengakses berbagai
informasi yang dibutuhkannya. Jika ingin menggaet pelanggan terutama pasar
perempuan yang terus berkembang, Anda perlu beradaptasi dengan perubahan ini
dengan menggunakan aplikasi mobile.
3. Be Acountable.
Anda bisa mengukur sejauh mana pencapaian Anda
dalam berbisnis menggunakan internet. Dengan data yang terukur, Anda bisa
mendapatkan kepercayaan pengguna internet. Misalnya, semakin banyak pengunjung
website Anda, tentunya pengguna internet akan semakin percaya untuk
bertransaksi dengan Anda. “Manfaatkan alat pengukuran performa situs Anda yang
dapat memberikan data real time,” saran Erika.
4. Be Engaged.
Bangunlah kelekatan dengan konsumen perempuan
yang menjadi segmen pasar Anda. Perempuan suka searching, browsing, menggunakan
aplikasi, menonton video, jadi gunakanlah cara-cara ini untuk mendekatkan diri
dengan pasar Anda. Ikuti perkembangan pengguna internet perempuan. Saat ini
sedang tren penggunaan aplikasi video interaktif di internet yang bisa
digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk menjual produk Anda. Gunakan
berbagai cara kreatif untuk semakin mendekatkan bisnis Anda dengan pengguna
internet perempuan dengan memahami gaya hidup mereka di dunia maya.
Bisnisan.id
mendoakan Semoga Sukses Menembak Pasar Perempuan dengan Internet dan membuat
usahanya semakin mendunia, tapi tidak lupa akhirat….
Posting Komentar untuk "Target Konsumen Pemasaran Online Wanita"