Pengertian Harga dan Tujuannya Menurut Para Ahli
Pengertian Harga dan Tujuannya Menurut Para Ahli - Harga merupakan suatu nilai yang dibuat untuk menjadi patokan nilai suatu barang. Berikut beberapa pengertian harga menurut para ahli.
·
Djasmin Saladin 2001: harga
merupakan salat tukar yang digunakan untuk mendapatkan produk atau jasa dengan
sejumlah uang.
·
Basu Swastha & Irawan 2005:
harga ialah sesuatu yang dibutuhkan untuk mendapatkan suatu kombinasi antara
pelayanan ditambah produk dengan membayar jumlah uang yang sudah menjadi
patokan.
·
Buchari Alma 2002: harga merupakan
sebuah nilai yang ditentukan untuk suatu barang maupun jasa yang ditentukan
dengan uang.
·
Henry Simamora 2002: harga ialah
nilai uang yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan produk atau jasa yang
diinginkan. Baca: Pengertian, Tujuan dan Fungsi Sosialisasi
·
Tjiptono 2002: harga adalah hukum
moneter yang dapat ditukarkan untuk mendapatkan hak atas suatu barang atau
pemakaian layanan jasa.
·
Harini 2008: harga merupakan nilai
uang yang seseorang butuhkan untuk memperoleh sejumlah produk dan pelayanan.
Berdasarkan pengertian harga menurut para ahli
di atas dapat disimpulkan bahwa harga adalah nilai uang yang ditentukan secara
global yang harus dikeluarkan oleh seseorang untuk mendapatkan suatu produk
atau pelayanan jasa yang diinginkan.
Tujuan Penentuan Harga
Peranan harga tak lepas dari proses jual beli
suatu produk atau jasa. Harga membantu konsumen untuk menentukan seseorang akan
membeli barang atau tidak. Suatu perusahaan menentukan nilai untuk mendapatkan
laba dari produk yang dijual perusahaan tersebut.
Untuk menentukan harga suatu produk atau jasa,
ada beberapa dasar yang harus dipertimbangkan. Machfodz 2005 mengatakan:
penetapan suatu harga dapat dipengaruhi oleh faktor internal yang terdiri dari
tujuan perusahaan dalam memasarkan produk, strategi yang dipakai oleh
perusahaan dalam memasarkan produk, biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk
memproduksi dan memasarkan produk dan pembiayaan karyawan serta metode yang
dipakai perusahaan untuk memasarkan produk dan faktor eksternal yang dapat
dilihat dari model pasar yang akan dituju produk, persaingan harga dengan
produk lain, serta lingkungan yang akan menjadi sasaran produk tersebut.
Penetapan harga suatu produk atau jasa
tergantung dari tujuan perusahaan atau penjual yang memasarkan produk tersebut.
Menurut Harini 2008 penetapan harga memiliki tujuan yaitu:
1.
Penetapan harga suatu produk
memiliki tujuan untuk mencapai target perusahaan untuk memperoleh penghasilan
serta mencapai target investasi yang sudah ditentukan persentase keuntungannya,
sehingga untuk memenuhi hal tersebut diperlukan adanya penetapan harga pasti
dari suatu produk yang telah diproduksi perusahaan.
2.
Fungsi penetapan harga yang kedua
merupakan hal yang harus diperhatikan untuk kestabilan harga suatu produk.
3.
Penetapan harga dilakukan oleh
perusahaan untuk mempertahankan produk dalam peredaran pasar, sehingga produk
tetap dapat bertahan di pasaran.
4.
Penetapan harga harus dilakukan
untuk mencegah terjadinya persaingan dengan perusahaan lain yang memiliki
produk yang hampir sama.
5.
Perusahaan menetapkan harga untuk
menentukan laba yang akan didapat oleh perusahaan agar perusahaan tetap dapat
memproduksi suatu barang yang akan dipasarkan.
Machfoedz 2005 juga berpendapat “Tujuan dari
penetapan suatu harga adalah untuk mencapai target perusahaan, mendapatkan laba
dari penjualan, meningkatkan serta mengembangkan produksi produk, serta
meluaskan target pemasaran.
Demikianlah bahasan kami mengenai pengertian
harga dan tujuannya menurut para ahli. Semoga bermanfaat dan semoga sukses
dalam berbisnis (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "Pengertian Harga dan Tujuannya Menurut Para Ahli"