Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memulai Karir Sebagai Barista Kopi

Daftar Isi [Tampil]

 Cara Memulai Karir Sebagai Barista Kopi



Menjadi peracik kopi atau barista, ternyata sedang digandrungi oleh anak-anak muda, profesi ini tentunya tak sembarangan lho, diperlukan pengalaman dan pengetahuan untuk meracik kopi yang berkualitas. Barista sangat dibutuhkan di banyak kafe-kafe. 


Untuk menjadi barista, seseorang harus tahu cara penggunaan mesin espresso, Jenis-jenis kopi hingga punya taste tinggi dalam meramu kopi untuk pelanggan. Mau tau step by step menjadi barista ? Silakan simak artikel berikut ini:


Belajar tentang kopi


Hal wajib yang harus dilakukan agar menjadi barista adalah belajar tentang kopi. Bagaimana sejarah kopi, jenis-jenis kopi seperti arabica, robusta dan yang lainnya, kemudian memahami karakteristik kopi dan yang terakhir mengolah kopi itu sendiri menjadi minuman. 


Untuk berapa lama prosesnya, tergantung setiap individu. Jika seseorang giat belajar, maka ia bisa lebih cepat mengetahui tentang kopi.


Mengikuti Komunitas dan Aktif Berkomunikasi


Carilah komunitas kopi untuk mendapatkan ilmu, pengalaman dan koneksi baru. Anda bisa mencarinya via internet, dan bergabunglah bila ada kopdar. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan saat bergabung adalah bisa lebih Mencari Pengetahuan tentang kopi, jika anda bingung anda bisa mengajukan pertanyaan dan mendapatkan feedback lebih cepat.


Biasanya komunikasi secara rutin memberikan edukasi dan pertemuan langsung untuk membahas perkembangan kopi terkini, hingga melakukan tester, mencium Berbagai aroma kopi di dunia.


Perdalam Pengetahuan jenis kopi dan karakteristiknya


Meminum kopi adalah salah satu hobi yang telah diwariskan dari beberapa abad lalu. Kopi yang pertamakali ditemukan di Yaman ini, memang memiliki sesuatu yang membuat banyak orang menyukainya. Seperti aroma, citarasa dan aneka ragam kopi yang banyak. Seseorang barista harus tahu tentang rasa kopi seperti arabica yang dominan dengan rasa asam dan pahit. Ada juga jenis robusta yang memiliki rasa dominan manis dengan kandungan kafein lebih tinggi.


Belajar Teknik Pengolahan Kopi


Step ketiga untuk menjadi barista profesional adalah belajar teknik pengolahan kopi. Ada banyak sekali metode pengolahan yang bisa anda coba seperti: cold n brew, untuk pengolahan kopi dengan metode air dingin, French press, Moka, drip dan masih banyak lagi.


Trend kopi juga berubah cepat, Batista tentunya harus sigap dalam beradaptasi dan di tuntut menciptakan menu inovatif. 


Beranikan diri melamar kerja


Step terakhir untuk menjadi barista kopi adalah melamar kerja. Untuk meyakinkan calon penerima Kerja, anda harus meyakinkan diri dengan membawa portofolio seperti sertifikat pelatihan barista. Untuk menambah kepercayaan diri, tak ada salahnya meminta saran dari barista senior. Seiring pengalaman, insting dalam membuat kopi akan terasah. 


Posting Komentar untuk "Cara Memulai Karir Sebagai Barista Kopi"