Cara Membuat Pelanggan Loyal Sampai Cinta Mati
Cara membuat pelanggan loyal sampai cinta mati, bagaimana caranya ? penting bagi semua pebisnis untuk mengetahui cara meningkatkan loyalitas pelanggan.
“Pelanggan yang telah cinta mati untuk kita
akan bersedia menjadi marketing evangelist bagi produk atau jasa kita”
Hermawan kartajaya mengatakan hal tersebut
karena beliau ingin menekankan betapa pentingnya membuat pelanggan menjadi loyal
sampai cinta mati terhadap produk
kita. pelanggan yang sudah cinta mati, evangelist, akan memberikan banyak
keuntungan bagi bisnis kita.
“Janganlah bekerja keras untuk mendapatkan
pelanggan, tapi pelangganlah yang seharusnya bekerja keras untuk Anda.” Kutipan
ini merupakan gubahan Yuswohady atas perkataan Robet T. kyosaki “Janganlah
bekerja keras untuk mendapatkan uang, tapi uanglah yang seharusnya bekerja
keras untuk Anda”.
Hal ini bukanlah berarti membuat atau bahkan
memaksa pelanggan untuk bekerja kepada kita, tapi kita membuat strategi yang
bisa membuat pelanggan menjadi terlibat dalam proses marketing kita. Menurut
study Neilsen, 91% pelanggan membeli berdasarkan rekomendasi. Ini berarti
pelanggan baru terkonversi karena kontribusi pelanggan yang sudah lama.
Tentunya bukan sekedar pelanggan lama, tapi
pelanggan lama yang loyal, seorang evangelist. Pelanggan yang sudah menjadi
evangelist bagi bisnis kita. Evangelist identik dengan pelanggan yang loyal.
Hal yang penting untuk kita ketahui bahwa loyalitas pelanggan tidak terbentuk
dalam waktu yang singkat. Proses pencarian informasi dan berdasarkan pengalaman
konsumen dari pembelian yang konsisten.
Orang yang setia terhadap merek memiliki
ikatan perasaan yang kuat kepada merek yang biasa mereka beli. Maka penting
untuk membuat sebuah komunitas yang memfasilitasi para konsumen yang menjadi brand
loyalist Anda.
Manfaat Membuat Pelanggan Loyal
Pelanggan yang loyal memberikan manfaat besar
bagi bisnis Anda. Pernah dengar pareto principle? Nama lainnya adalah
80/20 rules. Dalam prinsip tersebut disebutkan bahwa 20% dari pelanggan yang
loyal, berkontribusi sebesar 80% dari penjualan produk Anda. Jika mereka hilang
karena kurang perhatian dari Anda, maka akan berkurang 80% penjualan produk
Anda. Hal ini akan menyulitkan bisnis Anda. Benar tidak?
Cara Membuat Pelanggan Loyal
Lalu bagaimanakah cara menciptakan loyalitas
konsumen tersebut? Dan apa saja yang perlu diperhatikan untuk membangun
loyalitas konsumen?
Pertama, Anda bisa
membuat produk yang berkualitas. Strategi paling mendasar agar konsumen setia
dengan produk kita adalah produk harus berkualitas. Buatlah produk yang Anda
tawarkan adalah sebuah solusi yang benar-benar dibutuhkan konsumen. Dengan
begitu bisnis Anda akan selalu dicari para konsumen.
Kedua, lakukanlah
inovasi. Alasan pelanggan beralih salah satunya karena produk kita tidak
berkualitas dan tidak ada inovasi. Karena kebutuhan konsumen selalu berubah
maka inovasi dan perbaikan produk perlu dilakukan.
Ketiga, buatlah
review yang menarik. Konsumen harus tahu tentang review produk dan kelebihan
dibanding pesaing, di sinilah marketing sangat penting. Review produk
berpengaruh pada keputusan konsumen untuk melakukan pembelian.
Keempat, harga
yang sesuai. Harga selalu memegang peranan penting untuk menarik perhatian
konsumen sebelum melakukan pembelian. Karena itulah, penting bagi Anda untuk
menyesuaikan harga produk yang ditawarkan dengan kualitas produk dan target
pasar.
Kelima, berikan layanan yang terbaik.
Loyalitas konsumen terbangun dari adanya kepuasan pelanggan. Maka upayakan
untuk selalu mengontrol kualitas pelayanan. Anda harus punya pegawai yang
benar-benar andal, sopan, dan juga ramah terhadap pelanggannya. Tak jarang
terjadi komplain dari para pelanggan apabila pelayanan yang diberikan kurang
memuaskan hati konsumen.
Terakhir, buatlah
komunitas. Bangun komunitas merek untuk menciptakan customer loyalty di
dalam komunitas. Berikan manfaat yang diperlukan oleh mereka. Dengan begitu,
konsumen merasa memiliki keterikatan dengan pelaku bisnis.
Ketika kita memiliki komunitas
pelanggan yang solid, maka bisnis kita sejatinya mempunyai potensi yang
besar untuk menjadikan pelanggan sebagai evangelist. Mereka akan rela tanpa
dibayar untuk membicarakan dan merekomendasikan produk kita. Pelanggan yang
loyal tersebut adalah salesman sejati Anda.
Kenapa mereka, evangelist, mau melakukan hal
tersebut? Karena mereka sudah cinta mati, rasional tidak menjadi pertimbangan
utama lagi. Akhirnya tinggal perasaanlah yang membawa mereka memutuskan
membeli, mempromosikan, bahkan membela sebuah merek yang dicintai.
Demikianlah bahasan kami mengenai cara membuat
pelanggan loyal sampai cinta mati. Semoga bisa membantu dan sukses selalu untuk
bisnis Anda (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "Cara Membuat Pelanggan Loyal Sampai Cinta Mati"