5 Unsur Penting Agar Packaging Produk Menarik Saat Dijual
5 Unsur Penting Agar Packaging Produk Menarik Saat
Dijual - Ada pepatah yang
mengatakan " jangan menilai buku dari sampulnya" isinya memang benar
namun tak semua orang bisa melakukan hal tersebut. Termasuk dalam sudut pandang
pembeli saat menilai melihat produk. Orang cenderung melihat bentuk fisiknya
untuk kemudian mempunyai penilaian.
Jadi, sepertinya pepatah
ini tidak berlaku untuk kemasan produk yang menarik. Terutama untuk produk
baru, karena kesan pertama pembeli adalah melihat kemasan packaging produk.
Dengan demikian,
penting bagi produsen selain memperhatikan kualitasnya juga harus memberikan
packaging yang menarik pada produknya. Karena hal ini akan menjadi faktor
konsumen untuk membeli.
Berbicara soal
packaging itu bukan hanya soal desain tapi juga bentuk aplikasinya yang
memudahkan pelanggan. Juga tak kalah pentingnya adalah mencerminkan kualitas
atau value dari sebuah produk. Prioritas selanjutnya adalah pertimbangan biaya,
jangan sampai justru packaging menjadi elemen biaya produksi yang memberatkan.
Untuk lebih
jelasnya silakan simak ulasan kami tentang unsur-unsur penting agar packaging
produk menarik saat dijual.
Perhatikan pemilihan warna
Unsur warna akan
memberikan daya tarik untuk suatu produk. Warna akan meningkatkan kesan kepada
konsumen. Dan ini juga sudah dibuktikan melalui penelitian yang menyatakan
bahwa seseorang sering menjadikan warna sebagai patokan untuk membeli barang.
Dalam melihat produk dalam toko, pembeli biasanya tertuju pada warnanya.
Warna dipercaya
mampu meningkatkan branding suatu produk, meningkatkan value dan sebagai
indikasi keunikan. Maka dari pemilihan warna dalam packaging produk harus
sangat diperhatikan. Usahakan warna yang dipilih memiliki citra yang sesuai
dengan produk yang dijual.
Penting juga untuk memperhatikan kaidah penggunaan atau teori
warna. Pilihlah salah satu dasar yang sesuai dengan karakteristik produk.
Buat Packaging Minimalis tapi
jangan terlalu simpel
Sebuah produk
yang menonjol memiliki identitas kuat yang membedakannya dengan produk lain dan
salah satu cara untuk melakukannya adalah membuat packaging yang unik. "
Unik" Disini bukan berarti rumit tapi lebih kepada membuat visualisasi
yang mentrigger pembeli agay mau melihat produk kita.
Jika mengacu pada
trend, desain produk sekarang dominan minimalis namun memberikan identitas
kuat. Namun hindari desain packaging produk yang terlalu sederhana karena
nantinya akan dinilai tidak serius oleh pelanggan.
Jangan lupa memberi label
Manfaatkan label
produk untuk menuangkan ide kreatif. Tempat label yang strategis dan mudah
dilihat orang dinilai sangat powerfull untuk Dijadikan media promosi. Bisa
berupa tulisan atau gambar yang penting karya yang merepresentasikan produk
kamu kepada pembeli. Kita harus cepat mengambil perhatian buyer dan dari media
kabel inilah kita bisa melakukannya.
Kita juga bisa
melibatkan desainer artis untuk membantu menciptakan label produk yang menarik
dan mampu mencuri perhatian.
Sesuaikan Target Pasar
Cara ini bisa
ditiru kalau kita memiliki produk yang menyasar target
spesifikasi pasar utamanya gender tertentu. Jika menyasar laki-laki,
tonjolkan sisi maskulin pada packaging produk kita. Bisa dengan menggunakan
warna hitam dan warna yang serupa dengannya. Jika menyasar perempuan, tonjolkan
sisi feminim pada packaging produk kita. Bisa menggunakan warna pink, merah dan
yang serupa.
Menyesuaikan
target pasar itu penting untuk meningkatkan awareness mereka terhadap produk
yang kita jual. Pemilihan warna yang cocok juga bertujuan mewakili citra
pelanggan.
Pemilihan Font
Font juga perlu
diperhatikan untuk packaging produk. Fungsinya penting untuk memperkenalkan
nama brand dan memberikan Informasi Produk. Riset font yang cocok dengan jenis
produk kita, dan lakukan riset dengan meminta penilaian dari orang terdekat dan
profesional. Font akan menambahkan sisi menarik dari sebuah kemasan, Sehingga
membuat calon konsumen penasaran.
Perhatikan juga
tentang teori penggunaan font, jangan sampai menggunakan lebih dari tiga font
berbeda dalam keseluruhan packaging. Keluarga font juga jangan sampai bertabrakan,
pilihlah family yang sesuai.
Demikianlah bahasan
ringkas kami tentang 5 unsur penting agar packaging produk menarik saat dijual.
Semoga bermanfaat dan bisnis Anda semakin sukses (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "5 Unsur Penting Agar Packaging Produk Menarik Saat Dijual"